Cara Menanam Sawi Putih Aquaponik Pada Kolam Lele

Urbanina.com – Sawi putih dikenal sebagai salah satu sayuran yang memiliki rasa yang enak dan banyak dikonsumsi oleh masyarakat dalam bentuk tumisan atau sebagai campuran sup. Tanaman sawi putih yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dapat ditanam secara hidroponik maupun aquaponik. Jika Anda memiliki kolam lele, Anda bisa memanfaatkan kolam tersebut sebagai sumber nutrisi bagi tanaman dan sistem ini dikenal dengan sistem aquaponik. Berbeda dengan hidroponik, sistem aquaponik dinilai lebih ekonomis karena pembudidaya tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli larutan nutrisi khusus hidroponik dan hasil yang diperoleh nantinya tidak hanya terbatas pada sayurannya saja melainkan juga ikan lele yang hidup dikolam. Untuk memanfaatkan kolam lele dalam menanam sawi putih aquaponik, kita bisa mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam ulasan berikut ini.

menanam sawi putih aquaponik

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Menanam sawi putih aquaponik tidak jauh berbeda dengan menanam sayuran lainnya namun wadah yang digunakan untuk menanam sebaiknya berukuran lebih besar dibandingkan netpot karena tanaman sawi putih memiliki bonggol atau bagian batang yang cukup tebal. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam sawi putih aquaponik antara lain

  • Benih sawi putih yang berkualitas baik dan masih dalam kemasan yang tertutup rapat dengan alumunium foil. Perhatikan tanggal kadaluarsa pada kemasan saat membeli benih.
  • Kolam ikan lele yang menampung air serta ikan budidaya. Kolam berukuran 2×3 meter dengan kedalaman 1 meter mampu menampung hingga ratusan ekor ikan lele.
  • Wadah media tanam berupa pot dengan ukuran yang cukup besar atau berdiameter sekitar 20 cm.
  • Madah media tanam yang mudah dilalui air seperti hidroton maupun pecahan genting dan kerikil jika tidak tersedia.
  • Dudukan pot yang terbuat dari kayu atau bahan lainnya yang nantinya akan diletakkan diatas kolam ikan.
  • Solder atau alat lainnya untuk melubangi pot
  • Pompa air yang terhubung dengan pipa yang berfungsi untuk membanjiri pot tanam dengan air yang berasal dari kolam ikan.
  • Ikan lele dengan jumlah sesuai dengan kapasitas kolam yang dimiliki.

Proses Menanam Sawi Putih Aquaponik

Menanam sawi putih dengan metode aquaponik kali ini menerapkan sistem EBB and flow dimana pot akan dialiri atau dibanjiri air yang berasal dari kolam secara terus menerus selama minimal 8 jam sehari. Adapun langkah-langkah penanaman selengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Tahap pertama adalah persiapan alat dan bahan. Pot tanaman dilubangi bagian bawahnya dengan menggunakan solder namun jangan membuat lubang yang terlalu besar. Lubang-lubang tersebut berfungsi untuk mengembalikan air kedalam kolam setelah masuk kedalam pot. Letakkan pot yang berisi media tanam tersebut diatas dudukan yang dibuat diatas atau disisi kolam. Pompa air dihubungkan dengan kolam dan setiap pot nantinya harus terhubung dengan satu ujung pipa yang mengalirkan air.
  2. Bersamaan dengan persiapan alat, benih tanaman sawi putih juga mesti disemai. Semailah benih menggunakan rockwoll yang dipotong-potong dengan ukuran 2×2 cm kemudian masukkan satu hingga dua benih kebagian tengah rockwoll yang dilubangi. Simpan benih tersebut diruangan yang terlindung dari cahaya dan basahi media semai tersebut. Biarkan hingga tunas sawi putih tumbuh, pindahkan keruangan yang terkena cahaya asalkan bukan cahaya matahari langsung dan setelah memiliki dua hingga empat daun, tanaman sudah bisa dipindahkan.
  3. Pindahkan bibit tanaman pada media hidroponik dan alirkan air dengan debit yang tidak terlalu kencang. Tanaman sawi putih yang ditanam dengan metode aquaponik tidak begitu membutuhkan banyak perawatan. Apabila tanaman mengalami defisiensi nutrisi atau penyakit akibat hama maka atasi dengan memberikan nutrisi organik sesuai gejala defisiensi yang ditunjukkan serta jika perlu gunakan juga pestisida organik.

Tanaman sawi putih yang tumbuh dan dirawat dengan baik dapat dipanen setelah 40 hingga 60 hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE