Cara Menanam Sawi Organik Di Polybag

Urbanina.com – Sayuran yang satu ini merupakan jenis sayuran yang populer di Asia khususnya di Indonesia. Sayuran ini mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Selain itu sawi juga mengandung vitamin C dan antioksidan dalam kadar yang tinggi sehingga bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta mencegah penyakit kanker yang disebabkan oleh efek radikal bebas. Menanam sawi sebenarnya sangat mudah karena tidak memerlukan banyak alat dan bahan. Hanya dengan menggunakan polybag dan pupuk organik, kita bisa menanam sendiri tanaman sawi dirumah yang tentunya lebih sehat dan lebih terjamin kualitasnya karena tidak mengandung zat kimia. Tanaman sawi sebaiknya ditanam pada tanah dengan pH antara 6 – 7 dan sebaiknya ditanam pada musim penghujan karena tanaman sawi tidak dapat tumbuh baik dimusim kering. Untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cara menanam sawi organik di polybag, simak penjelasan berikut ini.

menanam sawi organik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Menanam sawi organik dalam polybag tentunya membutuhkan alat dan bahan yang sederhana, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Benih tanaman sawi dari varietas yang diinginkan. Pilih benih berkualitas baik yang masih tersegel dalam kemasannya. Perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan karena hal tersebut dapat mempengaruhi tanaman yang dihasilkan nantinya.
  • Polybag berdiameter minimal 15 cm yang dapat diperoleh dengan mudah ditoko yang menyediakan alat-alat pertanian.
  • Pupuk organik misalnya pupuk kompos atau pupuk kandang yang dibuat sendiri atau pupuk organik seperti bokashi yang bisa dibeli ditoko atau gerai pertanian organik.
  • Media tanam brupa tanah atau sekam yang nantinya akan dicampur dengan pupuk organik.
  • Alat-alat kebun lain seperti sekop mini dan alat lainnya.

Proses Menanam Sawi Organik Dalam Polybag

Menanam sawi dipolybag adalah salah satu aktifitas yang mudah dilakukan dirumah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Untuk menanam sawi sendiri langkah-langkah yang bisa diikuti adalah sebagai berikut :

  1. Tahap pertama dalam menanam sawi organik adalah penyemaian benih. Benih tanaman sawi dapat disemai pada polybag yang diisi dengan sekam yang dicampur pupuk dengan perbandingan 1 : 1. Buatlah lubang seukuran jari pada bagian tengah polybag kemudian masukkan satu hingga dua benih pada setiap lubang. Sirami benih setiap hari hingga benih tumbuh menjadi tunas dan jika sudah memiliki empat buah daun atau sekitar 3 minggu, tanaman sawi bisa dipindahkan ke polybag yang akan digunakan untuk menanam.
  2. Memindahkan tanaman sawi dari media semai caranya sama seperti menyemai benihnya. Akar tanaman sawi yang akan dipindhakna sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian diletakkan pada polybag yang diisi media tanam sekam dan pupuk dengan perbandingan yang sama. Biarkan tanaman sawi tumbuh secara alami dan kita bisa menambahkan pupuk organik secukupnya setiap seminggu atau dua minggu sekali.
  3. Tanaman sawi dirawat dengan baik dengan cara disiram setiap pagi dan sore. Selain itu, jika tanaman terserang hama atau penyakit segera potong bagian yang terkena penyakit tersebut atau jika hama tak kunjung hilang, atasi dengan menggunakan pestisida alami yang terbuat dari bahan-bahan organik.
  4. Setelah dua hingga tiga bulan, tanaman sawi dapat dipanen sesuai dengan masa tumbuh varietas sawi yang ditanam. Sawi dipanen dengan cara dicabut hingga akarnya atau jika ingin dipanen kembanli, cukup potong daunnya jika ingin dikonsumsi.

Demikian cara menanam sawi organik dalam polybag dengan cara yang mudah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *