Cara Menanam Sawi Hijau Organik Di Halaman Rumah

Cara Menanam Sawi Hijau Organik Di Halaman Rumah

Urbanina.com – Ada banyak cara untuk menjadi mandiri secara ekonomi dalam rumah tangga terutama dalam menyiasati biaya hidup yang semakin meningkat. Harga kebutuhan pokok yang terus melambung terkadang membuat kita pusing dan mencari solusi atas masalah tersebut. Untuk mengurangi tensi akibat permasalahan tersebut, mengapa kita tidak coba untuk menanam sendiri sayuran dan bumbu dapur yang kita butuhkan sehari-hari. Ada berbagai jenis sayuran yang bisa ditanam diarea halaman rumah yang tak terpakai diantaranya adalah sawi hijau. Tanaman ini relatif lebih mudah ditanam dibandingkan jenis tanaman lainnya serta lebih mudah dalam perawatannya. Jika Anda dan keluarga ingin hidup lebih sehat dan hemat dengan memanfaatkan lahan halaman rumah dan menanam sawi hijau organik, simak ulasannya berikut ini.

menanam sawi hijau organik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam sawi hijau organik di halaman rumah kita tidak memerlukan banyak alat dan bahan sebagaimana saat kita menanam sawi dengan teknik hidroponik maupun teknik lainnya seperti aquaponik. Tanaman sawi hijau dapat tumbuh dihalaman rumah dengan beberapa kondisi yang sesuai misalnya tanah dengan kondisi gembur dan cukup memiliki unsur hara. Sementara itu, beberapa bahan yang bisa dipersiapkan sebelum memulai proses penanaman adalah benih tanaman sawi hijau yang berkualitas baik yang dapat diperoleh di toko pertanian terdekat tapi sebaiknya jangan membeli benih repackage dari online store yang belum terpercaya karena bisa jadi kualitas benih tak sama dengan benih yang masih dikemas dengan baik. Selain itu, persiapkan juga pupuk kompos dan pupuk kandang yang akan ditaburkan pada tanah yang akan ditanami jika tidak bisa membuat pupuk sendiri maka kita bisa membelinya ditoko yang menyediakan pupuk organik. Setelah benih dan pupuk, kita juga membutuhkan peralatan kebun standar seperti cangkul, sekop, kain plastik untuk melindungi benih dan pestisida organik jika diperlukan.

Proses Menanam Sawi Hijau Organik Di Halaman Rumah

Menanam sawi hijau organik di halaman rumah tidak jauh berbeda dengan menanam jenis sayuran lain seperti kangkung, bayam dan cabai. Hanya saja kita perlu mengetahui kondisi terbaik untuk menanam jenis sayuran yang satu ini. Tanaman sawi membutuhkan hawa dingin agar bisa ditanam di daerah dataran tinggi namun beberapa jenis sawi hijau dapat ditanam pada dataran rendah dengan cuaca yang cukup panas. Berikut ini adalah beberapa langkah menanam sawi hijau organik di halaman rumah yang bisa diikuti :

  1. Persiapkan lahan terlebih dahulu sebelum proses penanaman dilakukan. Cangkul tanah hingga gembur dan bentuklah gundukan dari tanah tersebut kemudian tebarkan pupuk kompos atau pupuk kandang secara merata. Selanjutnya buatlah lubang pada tanah dengan kedalaman kurang lebih 2 cm dan beri jarak antar lubang sejauh 10 cm.
  2. Masukkan benih sawi hijau masing-masing dua buah benih kedalam setiap lubang lalu tutup lubang dengan tanah. Siram tanah dengan air kemudian tutupi tanah denganjarak 15 cm diatas tanah. Plastic berguna untuk melindungi benih yang nantinya tumbuh dari sengatan sinar matahari berlebih dan menjaga kelembaban tanah agar benih cepat berkecambah.
  3. Tanaman sawi hijau akan tumbuh setelah satu atau dua minggu dan sebaiknya jangan menanam sawi dari bibit yang dipindahkan karena tanaman yang dipindahkan akan lebih sulit beradaptasi. Setalah tumbuh tanaman sawi dirawat dengan cara disiram secara rutin dan diberi tambahan pupuk seminggu sekali. Jika terjadi masalah karena hama atau defisiensi nutrisi sebaiknya gunakan pestisida organik.
  4. Sawi hijau yang tumbuh dengan baik dapat dipanen setalah 60 hingga 80 hari dan jika hanya dipetik daunnya tanaman sawi bisa tumbuh kembali dan dipanen untuk kesekian kalinya.

Demikian beberapa cara menanam sawi hijau organik di halaman rumah yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *