Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik

Cara Menanam Sawi Hijau Hidroponik

Urbanina.com – Rajin mengkonsumsi sayuran hijau adalah salah satu bentuk pola hidup sehat. Sayuran hijau mmeiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia terutama untuk menjaga kesehatan mata, mencegah kanker dan penyakit lainnya. Salah satu jenis sayuran hijau yang banyak digemari masyarakat adalah sawi hijau. Jenis sawi yang satu ini banyak digemari karena rasanya yang lezat dan memiliki kandungan gizi yang cukup banyak. Tanaman yang dikenal dengan nama ilmiah Brassica juncea ini banyak dibudidayakan oleh para petani secara konvensional maupun hidroponik. Jika Anda tertarik untuk menanam sawi hijau sendiri di rumah dengan metode hidroponik, simak ulasan cara menanam sawi hijau hidroponik dengan menggunakan sistem wick atau sumbu berikut ini dan ikuti langkah-langkahnya agar mudah menanamnya tanpa mengalami banyak kendala.

menanam sawi hijau hidroponik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Sebelum menanam sawi dengan sistem wick atau sistem sumbu, kita memerlukan beberapa alat dan baha sederhana, diantaranya adalah

  • Botol aqua bekas yang digunakan sebagai wadah nutrisi sekaligus wadah media tanam. Botol aqua bekas berukuran 1,5 liter tersebut dipotong menggunakan cutter dengan bagian bawah lebih panjang disbanding bagian atas atau tutupnya.
  • Benih sawi hijau yang bisa diperoleh dari toko pertanian terdekat atau online store terpercaya.
  • Media tanam berupa arang sekam. Arang sekam dipilih karena mampu menyerap dan menyimpan air dengan baik.
  • Kain flanel atau jenis kain lain yang bisa dijadikan sumbu untuk mengalirkan larutan nutrisi pada media tanam.
  • Larutan nutrisi khusus hidroponik seperti larutan AB Mix yang telah diformulasikan dengan berbagai zat hara yang dibutuhkan tanaman. Sebelum digunakan nutrisi AB mix harus dilarutkan terlebih dahulu dalam takaran air tertentu.
  • Pisau atau cutter untuk memotong botol bekas air mineral.
  • Pupuk kompos untuk mempercepat proses penyemaian tanaman.

Proses Menanam Sawi Hijau Hidroponik

Setelah alat dan bahan sudah siap maka kita bisa mulai menanam sawi hijau hidroponik dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Langkah pertama menanam sawi hidroponik adalah memotong botol menjadi dua bagian dan mengikatkan kain sumbu pada tutup botol yang telah dilubangi. Bagian atas botol dengan tutup digunakan untuk menampung media tanam sekaligus meletakkan tanaman. Bagian bawah botol akan diisi larutan nutrisi yang disalurkan pada media tanam melalui kain sumbu.
  2. Tahap selanjutnya adalah penyemaian benih sawi. Tanaman sawi hijau tidak dapat ditanam secara langsung pada metode hidroponik oleh sebab itu benih harus disemai terlebih dahulu pada tanah yang dicampur dengan pupuk kompos. Selain menggunakan tanah, benih juga bisa disemai pada arang sekam yang juga dicampur dengan pupuk kompos. Buatlah lubang pada tanah atau arang sekam yang dicampur kompos sedalam 3 cm dan masukkan benih kedalamnya, tutup dengan tanah dan sirami secara teratur setiap hari. Setelah sawi hijau memiliki dua hingga tiga empat daun, tanaman bisa dipindahkan kemedia hidroponik yang telah disiapkan.
  3. Pada tahap transplantasi, bibit sawi hijau dipindahkan pada media hidroponik yang telah diletakkan dibagian atas botol bekas air mineral. Pindahkan bibit secara hati-hati dan pastikan bagian bawah botol telah terisi nutrisi serta terhubung dengan sumbu.
  4. Setelah dipindahkan, tanaman sawi dirawat dengan baik dan pada awal masa penanaman, gantilah larutan nutrisinya setiap hari selama satu minggu dan selanjutnya ganti nutrisi saat larutan mulai berbau. Jika dirawat dengan baik, tanaman sawi hijau dapat dipanen setelah 3 hingga 4 bulan.

Demikian ulasan mengenai cara menanam sawi hijau hidroponik dengan sistem wick. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *