Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hidroponik NFT

Cara Menanam Sawi Hijau Dengan Hidroponik NFT

Urbanina.com – Sistem hidroponik adalah salah satu sistem tanam yang banyak digunakan untuk membudidayakan berbagai jenis sayuran. Dalam sistem hidroponik sendiri ada banyak metode yang bisa digunakan misalnya sistem NFT atau Nutrient Film Technique. Prinsip sistem hidroponik NFT adalah mengalirkan larutan nutrisi setipis kaca film pada tanaman secara terus menerus tanpa henti. Sistem NFT juga banyak digunakan para pembudidaya tanaman untuk menanam berbagai jenis sawi termasuk jenis sawi hijau yang banyak digemari masyarakat. Berbagai varietas sawi hijau seperti pokcoy biasanya memang ditanam dengan menggunakan sistem tanam yang satu ini. Jika Anda tertarik untuk menanam sawi hijau dengan hidroponik NFT, simak penjelasannya berikut ini.

menanam sawi hijau dengan hidroponik NFT

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam sawi hijau dengan hidroponik NFT sebelumnya kita perlu mempersiapkan alat dan bahan yang akan digunakan, antara lain

  • Perangkat hidroponik NFT yang bisa dirakit sendiri maupun dibeli dI toko yang menyediakan alat-alat hidroponik. Perangkat NFT tersusun dari pipa PVC yang digunakan sebagai tempat menahan wadah media tanam, penyangga pipa dari besi atau kayu, pompa air yang mengalirkan nutrisi dari tendon nutrisi menuju tanaman dan mengembalikannya kembali ke dalam tendon, serta instalasi pipa lainnya yang menghubungkan pipa PVC dengan pompa air.
  • Benih tanaman sawi hijau sesuai varietas yang diinginkan. Benih bisa diperoleh di toko pertanian atau toko yang menyediakan benih tanaman. Pilih benih sawi berkualitas baik dan sebaiknya masih dalam kemasan aslinya.
  • Wadah media tanam berupa netpot atau jika tidak tersedia bisa menggunakan gelas plastik bekas air mineral yang dilubangi.
  • Media tanam berupa rockwoll atau media tanam lainnya yang cocok untuk sistem NFT.
  • Larutan nutrisi khusus hidroponik misalnya larutan AB Mix atau larutan hidroponik yang diramu sendiri.
  • Tray atau nampan yang digunakan untuk menyemai benih.
  • Tandon atau tempat penampungan nutrisi.

Proses Menanam Sawi Hijau Dengan Hidroponik NFT

Sebelum menanam sawi hijau dengan hidroponik NFT kita perlu merakit perangkatnya terlebih dahulu selanjutnya proses tanam bisa dilanjutkan dengan mengikuti tahap-tahap berikut ini

  1. Jika Anda merakit perangkat hidroponik NFT sendiri, Anda bisa memulainya dengan melubangi pipa paralon atau PVC dengan panjang tertentu misalnya 2 meter, yang akan digunakan untuk meletakkan wadah media tanam. Masing-masing lubang diberi jarak sekitar 20 cm. setelah paralon siap, buatlah penyangga pipa yang terbuat dari besi dengan ketinggian sekitar 70cm hingga 1 meter. Pada bagian ujung pipa ditutup dengan penutup paralon dan buatlah lubang untuk pipa kecil yang akan digunakan untuk menghubungkan pompa dengan pipa PVC demikian juga pada sisi yang lain dihubungkan dengan pipa yang menyalurkan nutrisi kembali ke tempat penampungan.
  2. Setelah perangkat siap tahap selanjutnya adalah tahap penyemaian benih. Benih disemai pada potongan rockwoll yang diletakkan pada nampan atau tray yang telah disiapkan. Potongan rockwoll dilubangi dibagian tengah dan dimasukkan benih kemudian rockwoll dibasahi. Simpan nampan yang berisi potongan rockwoll ditempat yang terlindung cahaya dan biarkan hingga bibit tumbuh.
  3. Setelah sawi tumbuh dan memiliki 2 hingga 4 daun, bibit tanaman sawi bisa dipindahkan kedalam netpot beserta potongan rockwoll yang digunakan untuk menyemai. Selanjutnya netpot diletakkan pada setiap lubang PVC dan larutan nutrisi mulai dialirkan setiap sehari secara terus menerus. Larutan nutrisi sebaiknya ditambah setiap minggunya agar tanaman tidak kekurangan unsur hara.
  4. Jika terserang hama, gunakan pestisida alami untuk mengusir hama tersebut. Tanaman sawi yang dirawat dengan baik dapat dipanen setelah tiga bulan.

Demikian cara menanam sawi hijau dengan hidroponik NFT. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *