Cara Menanam Nangka Mini dalam Pot

Urbanina.com – Nangka mini adalah jenis baru tanaman nangka. Tanaman yang cuma mempunyai tinggi sekitar 3-5 meter ini cocok untuk dijadikan tabulampot (tanaman buah dalam pot). Terlebih lagi sifatnya yang mudah berbuah menyebabkan nangka mini semakin dicari. Namun, sudah tahukah cara menanam nangka mini dalam pot?

Sebelum membahas cara menanam nangka mini dalam pot sebaiknya Anda mengetahui sifat-sifat dari tanaman ini. Buah nangka mini bisa dicicipi sesudah 4 bulan mengeluarkan bunga atau 1,5 tahun setelah tanam. Buahnya berbentuk sama seperti buah nangka kebanyakan, tetapi nangka mini tentunya lebih kecil. Bobot buah biasanya cuma 5 – 7,5 kg, namun bisa mencapai 15 kg pada jenis tertentu.

Cara Menanam Nangka Mini dalam Pot [ ]

Berikut kami uraikan cara menanam nangka mini dalam pot secara bertahap.

Pemilihan Bibit

Bibit tanaman nangka mini dapat diperoleh dari hasil perbanyakan dengan sambung susu dan biji. Tetapi ditilik dari produksi buahnya, bibit tanaman dari hasil perbanyakan melalui cara sambung susu lebih cepat (sekitar 2-3 tahun) ketimbang bibit tanaman dari perbanyakan biji (sekitar 5 tahun).

Media Tanam

Biasanya campuran media tanam yang dipergunakan yaitu sekam mentah, pupuk kandang dan tanah subur yang porous dengan proporsi 1 : 2 : 1.

Penyiraman

Lakukan penyiraman dengan teratur 1 kali sehari pada tiap-tiap pagi hari. Tetapi bila musim penghujan maka penyiraman cukup dilakukan 3-4 kali sehari.

Pemupukan

Berikan setiap sebulan sekali pupuk NPK (15:15:15) sebanyak 25 gr/tanaman dan KNO3 dengan dosis 5 gr/tanaman. Tetapi sesudah tanaman mulai mengeluarkan buah, pemberian pupuk cukup dilakukan 6 bulan sekali. Pemberian 5 kg kompos/pupuk kandang dilakukan 1-2 kali setahun. Pemberian pupuk daun (Gandasil D atau Bayfolan) dilakukan setiap 2 minggu hingga tanaman berusia 17 bulan.

Pemangkasan

Pilihlah hanya tunas-tunas batang yang sehat dan kuat, selebihya mesti dibuang untuk mengatur pembuahan. Pangkas juga ranting yang lemah dan rapat supaya sinar matahari tidak terhalang masuk untuk merangsang pembungaan.

Merangsang Pembungaan

Penyiraman dihentikan sampai media kering kira-kira 7 hari lamanya. Kembali siram media tanam sambil diberi 3 sendok makan NPK (16:16:16). Kemudian media didiamkan menjadi kering kembali. Langkah ini dilakukan 2-3 kali hingga muncul bunga. Sesudah bunga muncul maka lakukanlah penyiraman setiap hari. Kekurangan air bisa mengakibatkan bunga rontok. Tanaman diletakkan di lokasi yang bisa mendapatkan langsung sinar matahari.

Cara lainnya yang dapat dilakukan ialah dengan mengikat, mengebor atau melukai batang. Maksudnya untuk mencegah hasil asimilasi daun supaya tidak menjalar ke semua bagian tanaman, namun cuma difokuskan guna memancing pembungaan.

Penjarangan dan Pembungkusan

Sebaiknya satu dahan hanya ditumbuhi oleh satu buah nangka. Dengan demikian buah akan berkembang sempurna. Disamping itu buah yang sudah terpilih bisa segera dibungkus dengan anyaman daun kelapa atau kertas semen yang telah dicelupkan ke dalam larutan insektisida. Perlakuan ini bisa mencegah serangan hama, seperti kelelawar, tikus dan semut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE