Cara Menanam Mint Dengan Stek Batang Hidroponik

Urbanina.com – Tanaman mint (Mentha Piperita) adalah salah satu tanaman dari marga Lamiaceae yang merupakan tanaman asli dari negara-negara di Eropa. Tanaman mint dimanfaatkan daunnya sebagai bahan baku obat maupun industri lainnya seperti makanan, minuman, pasta gigi, obat kumur hingga minyak oles. Daun mint kaya akan minyak alami yang mampu mengurangi masalah kesehatan terutama infeksi bakteri. Jika Anda ingin menanam daun mint sendiri di rumah, ada dua cara yang bisa dilakukan yakni dengan menanamnya dari benih atau dengan menggunakan batangnya. Menanam tanaman mint dengan menggunakan stek batang lebih cepat dan mudah dilakukan daripada menanamnya dari benih. Berikut ini Urbanina akan mengulas cara menanam mint dengan metode stek yang dapat dilakukan sendiri dirumah. Simak terus ya.

menanam mint

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Menanam stek batang tanaman mint dengan metode hidroponik sederhana tidaklah sesulit yang dibayangkan. Untuk menanamnya, diperlukan alat dan bahan berikut ini.

  • Bibit tanaman mint atau stek batang yang diperoleh dari daun mint yang dibeli di pasar atau swalayan. Pilih daun mint yang masih memiliki batang dengan kondisi yang baik dan telah dewasa.. Bibit tanaman mint diambil dari batang daun mint dan digunting atau dipotong dengan menggunakan pisau steril.
  • Media tanam berupa potongan rockwoll dengan ukuran 3×3. Rockwoll dipilih karena lebih praktis dan mudah untuk digunakan.
  • Wadah media tanam berupa netpot atau gelas plastik yang dilubangi bagian bawah dan sisinya.
  • Nutrisi Hidroponik AB Mix yang diramu sesuai takaran atau nutrisi hidroponik yang dibuat sendiri.
  • Wadah atau bak penampung nutrisi dengan ukuran tertentu misalnya 40×25 dengan kedalaman 20 cm.
  • Papan sterofoam yang dilubangi sesuai ukuran netpot atau wadah tanam. Papan tersebut nantinya akan dipasang diatas bak atau wadah nutrisi.
  • Gelas plastik yang diisi air untuk merendam batang tanaman mint.
  • Aerator lengkap dengan selangnya untuk menambah asupan oksigen jika diperlukan.

Proses Menanam Mint Dengan Stek Batang Hidroponik

Setelah semua alat dan bahan telah siap, tanaman mint bisa mulai ditanam dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Langkah pertama dalam menanam tanaman mint dengan menggunakan stek batang adalah merendam batangnya dalam gelas plastik atau wadah lain hingga muncul akar dibagian batang. Setelah akar muncul, batang tanaman tersebut dapat dipindahkan pada perangkat hidroponik yang telah disiapkan.
  2. Lubangi sterofoam seukuran wadah media tanam dan isilah bak plastik dengan larutan nutrisi. Pasang aerator dengan benar pada wadah nutrisi. Jangan lupa juga untuk mengecek pH dan konsentrasi larutan agar tanaman dapat tumbuh dengan baik. pH terbaik untuk menanam mint adalah 5,5 – 6,5 dengan kadar nutrisi antara 700 hingga 1200 ppm.
  3. Batang mint yang telah memiliki akar dipindahkan pada potongan rockwoll yang dilubangi. Pastikan akar tanaman dapat menyentuh larutan nutrisi namun jangan sampai seluruh batangnya terendam.
  4. Gantilah larutan nutrisi jika larutan mengeluarkan bau yang tidak enak dan tingkatkan juga kadar nutrisi saat tanaman tumbuh semakin membesar. Tanaman mint yang dirawat dengan baik bisa dipanen daunnya setelah usia 45 – 60 hari.

Demikian cara mudah menanam mint hidroponik dengan menggunakan stek batangnya. Dengan cara tersebut Anda bisa dengan mudah menanam mint dan menikmati hasilnya setiap saat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *