Cara Menanam Mint Dengan Hidroponik Wick

Cara Menanam Mint Dengan Hidroponik Wick

Urbanina.com - Tanaman mint atau yang dikenal dengan istilah daun mint mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia, maklum tanaman ini memang bukan tanaman asli di Indonesia. Tanaman mint berasal dari Eropa dan masyarakat Yunani serta Romawi kuno telah lama menggunakannya sebagai tanaman obat atau tanaman herbal. Daun mint dapat dikenali dari aroma dan rasanya yang khas. Minyak aromatik dan senyawa yang terkandung didalamnya membuat daun mint sangat berkhasiat bagi kesehatan terutama sebagai senyawa antibakteri. Selain itu, daun mint yang dikonsumsi bersama makanan atau minuman juga berkhasiat dalam mengatasi masalah pencernaan. Selain ditanam dalam pot, tanaman mint juga bisa ditanam dengan cara hidroponik lho. Sistem ini bernama menanam mint dengan hidroponik wick. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini. menanam mint dengan hidroponik wick Alat Dan Bahan Yang Diperlukan Menanam mint dengan hidroponik dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya adalah dengan menggunakan sistem wick atau sistem sumbu sederhana yang memerlukan alat dan bahan berikut ini
  • Benih mint dari varietas atau jenis yang diinginkan, benih sebaiknya diperoleh dari toko dalam kemasan utuh dan belum kadaluarsa.
  • Bak plastik yang digunakan untuk menampung larutan nutrisi dengan ukuran sekitar 40 x 25. Pilih bak dengan kedalaman minimal 20 cm.
  • Wadah media tanam berupa netpot atau wadah lainnya seperti gelas bekas minuman atau air mineral.
  • Kain flannel atau kain jenis lain yang dapat digunakan sebagai sumbu. Pastikan jenis kain tersebut memiliki daya kapilaritas yang baik.
  • Media tanam dapat berupa arang sekam atau campuran cocopeat dan perlite yang dapat menyerap dan menyimpan air dengan baik dalam jangka waktu yang cukup panjang.
  • Nutrisi khusus hidroponik atau larutan AB Mix yang dilarutkan dengan benar sesuai petunjuk pada kemasan.
  • Sterofoam yang digunakan untuk menutup bagian atas wadah nutrisi dengan ukuran sesuai bagian atas bak plastik. Sterofoam dilubangi untuk meletakkan netpot dan dibuat jarak sekitar 10 cm pada setiap lubang tanam.
  • Wadah atau tray semai yang diisi arang sekam dan kompos yang dicampur dengan perbandingan 1 : 1
Proses Menanam Mint Dengan Hidroponik Wick Menanam mint dengan hidroponik wick tidak jauh berbeda dengan menanam jenis tanaman lainnya dengan metode ini. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam mint dengan hidroponik wick.
  1. Semai benih tanaman mint pada wadah semai dan semprot bagian atasnya dengan sedikit air. Simpan wadah semai diruangan gelap dan tutup dengan plastik hingga benih berkecambah. Setelah tumbuh tunas pada tanaman kira-kira setelah satu minggu pindahkan wadah semai ke ruangan yang mendapat cahaya dan biarkan tumbuh hingga memiliki empat daun.
  2. Sebelum tanaman mint dipindahkan pada media hidroponik, siapkan terlebih dahulu perangkat hidroponik wick yang akan digunakan. Isi bak plastik dengan larutan nutrisi AB mix yang telah dilarutkan air dan ikatkan kain flannel pada bagian bawah netpot. Bagian bawah kain flannel menjulur kedalam nutrisi sementara bagian atasnya harus menyentuh media tanam. Setelah diikat dengan kain, isilah netpot dengan arang sekam secukupnya, baru setelah itu bibit mint yang tumbuh cukup kuat bisa dipindahkan.
  3. Setelah tumbuh dan memiliki daun, bibit tanaman mint dicabut dari media semai dan dibersihkan akarnya dari sisa kotoran yang menempel. Lakukan pencabutan dan pembersihan dengan sangat hati-hati. Pindahkan bibit pada media tanam hidroponik yang telah disiapkan dan pastikan sumbu atau kain flannel telah terhubung pada larutan nutrisi.
  4. Letakkan netpot pada papan sterofoam yang diletakkan diatas wadah nutrisi dan biarkan selada tumbuh dengan baik. Ganti larutan jika mulai berbau dan tingkatkan konsentrasi nutrisi saat tanaman mint sudah mulai tumbuh besar atau setiap seminggu sekali.
  5. Setelah dua hingga tiga bulan, tanaman mint sudah dapat dipanen dan dinikmati hasilnya.
Demikian cara mudah menanam mint dengan menggunakan metode wick. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *