Cara Menanam Mint Dengan Hidroponik NFT

Urbanina.com – Metode hidroponik atau sistem tanam tanpa menggunakan tanah pastinya sudah dikenal dikalangan masyarakat sebagai suatu sistem tanam modern walaupun sebenarnya sistem ini sudah dipraktekkan sejak zama Mesir kuno. Menanam tumbuhan khususnya sayuran menjadi lebih mudah apabila menggunakan metode ini karena tanaman yang ditanam dengan metode ini lebih sedikit membutuhkan perawatan dan tidak memerlukan penyiraman secara manual. Salah satu metode tanam hidroponik yang cukup mutakhir adalah sistem NFT atau Nutrient Film Technique. Sistem ini berprinsip pada aliran nutrisi secara kontinyu pada tanaman. Berbagai jenis tanaman termasuk tanaman herbal seperti mint dapat ditanam dengan menggunakan metode NFT. Untuk mengetahui cara menanam mint dengan hidroponik NFT, simak ulasannya berikut ini.

menanam mint dengan hidroponik NFT

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Alat dan bahan yang diperlukan untuk menanam mint dengan hidroponik NFT tidak berbeda jauh dari alat dan bahan yang diperlukan dalam menanam tanaman sayuran, diantaranya sebagai berikut

  • Perangkat sistem NFT yang terdiri dari pipa PVC atau paralon, pompa air, dan dudukan pipa yang terhubung dengan tandon atau bak penampung nutrisi. Jika Anda tidak bisa merakitnya sendiri, perangkat ini dapat diperoleh ditoko atau gerai yang menjual peralatan hidroponik lengkap.
  • Tandon atau bak penampung nutrisi hidroponik yang terhubung dengan perangkat atau pipa tanam.
  • Batang atau tangkai daun mint yang diperoleh dari swalayan atau dari kebunnya. Tanaman mint sulit ditumbuhkan dari benihnya oleh sebab itu tanaman mint lebih baik ditanam dengan menggunakan stek batang yang juga lebih cepat tumbuh.
  • Gunting atau pisau yang telah disterilkan dengan alkohol untuk memotong batang atau tangkai daun mint.
  • Wadah media tanam hidroponik yang akan diletakkan dalam pipa PVC berupa netpot yang dapat diperoleh ditoko pertanian atau toko yang menyediakan peralatan hidroponik, jika tidak tersedia bisa menggunakan gelas plastik bekas air mineral.
  • Media tanam rockwoll yang dipotong dengan ukuran 3×3 cm atau sesuai dengan ukuran wadah media tanam yang digunakan dalam sistem hidroponik.
  • Nutrisi khusus seperti nutrisi AB Mix yang dapat dengan mudah diperoleh dipasaran. Jika tidak tersedia, Anda bisa membuatnya dengan ramuan pupuk tertentu.
  • Gelas atau wadah berisi air yang digunakan untuk merendam batang tanaman mint.

Proses Menanam Mint dengan Hidroponik NFT

Menanam tanaman mint dengan metode hidroponik NFT terbilang mudah asalkan perangkat tersusun dengan baik dan sirkulasi nutrisi pada tanaman selalu terjaga. Untuk menanam mint dengan hidroponik NFT, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Tahap pertama penananam adalah perendaman stek batang tanaman mint dalam air untuk merangsang pertumbuhan akar. Gelas atau wadah berisi air dan tangkai tanaman mint diletakkan ditempat yang terkena cahaya matahari dan apabila air mulai berkurang, tambahkan lagi agar pertumbuhan akar tetap terjaga. Setelah tangkat atau batang telah memiliki akar yang cukup panjang dan banyak, bibit tersebut dapat dipindahkan pada perangkat hidroponik yang telah disiapkan.
  2. Bibit tanaman mint yang telah memiliki akar dimasukkan kedalam rockwoll dan kemudian potongan rockwoll beserta tanaman tersebut disimpan dalam netpot yang kemudian diletakkan dalam pipa pvc yang telah dilubangi dan tersambung dengan tandon nutrisi.
  3. Cek konsentrasi dan pH larutan dengan baik sebelum mulai mengaliri perangkat. pH larutan untuk menanam mint yang tepat adalah sekitar 5,5 hingga 6,5 dengan kadar atau konsentrasi larutan sekitar 700 hingga 1200 ppm.
  4. Tanaman mint yang diperhatikan dan dirawat dengan baik akan tumbuh merambat dan untuk menjaganya agar tidak jatuh, kita bisa menggunakan batang kayu yang ditancapkan disisinya. Setelah 60 hingga 80 hari, daun mint sudah bisa dipetik dan digunakan untuk berbagai macam keperluan.

Demikian cara menanam mint dengan hidroponik NFT. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CLOSE
CLOSE