Cara Menanam Mint Dari Stek Batangnya Dalam Pot

Urbanina.com – Tanaman herbal dikenal sebagai tanaman serbaguna yang tidak hanya digunakan untuk memasak tetapi juga digunakan sebagai bahan obat-obatan. Salah satu tanaman herbal yang cocok ditanam dirumah adalah tanaman mint. Tanaman mint atau Mentha piperita adalah salah satu tanaman aromatic dari suku tanaman mint atau lamiaceae. Daun mint banyak disukai sebagia campuran minuman teh atau makanan lain yang membutuhkan rasa pedas dan segar. Aroma mint juga biasa kita temukan dalam pasta gigi, obat masuk angin, minyak oles, dan lain sebagainya. Secara luas, ada lebih dari 600 jenis tanaman mint diseluruh dunia namun jenis yang paling dikenal masyarakat adalah peppermint dan spearmint. Tanaman mint yang dapat dibudidayakan dari batangnya lebih cocok ditanam dalam pot dan sebaiknya dipisahkan dari tanaman lain karena tanaman ini dapat mengganggu penyerapan nutrisi tanaman lainnya yang tumbuh berdekatan. Untuk mengetahui cara menanam mint dari stek batangnya didalam pot, simak penjelasannya berikut ini.

menanam mint dari stek batangnya

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Menanam mint dari stek batangnya relative mudah dilakukan dan hanya membutuhkan sedikit alat dan bahan diantaranya sebagai berikut

  • Batang atau stek tanaman mint yang diambil dari indukan berkualitas. Jika ingin mengkonsumsi daun mint dengan rasa yang cukup kuat, pilih batang atau stek dari jenis peppermint yang bisa diperoleh di swalayan atau pasar, sedangkan jika Anda tinggal ditempat yang memperoleh cahaya matahari sepanjang tahun, Anda bisa memilih jenis spearmint.
  • Pot bunga dengan diameter sekitar 20 hingga 30 cm.
  • Tanah dengan tekstur yang cukup baik dan dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk organik lainnya yang cocok digunakan untuk menanam mint.
  • Spray berisi air yang digunakan untuk menyemprot tanaman mint.
  • Gelas berisi air untuk merendam batang mint.
  • Cutter atau gunting steril untuk memotong tangkai batang daun mint yang akan ditanam.

Proses Menanam Mint Dari Stek Batangnya Dalam Pot

Menanam tanaman mint dari benihnya memang tidak mudah, oleh sebab itu batang tanaman mint yang sudah dewasa dapat ditanam dalam pot berisi media tanam yang sudah disiapkan. Beberapa langkah yang bisa diikuti untuk menanam mint dari stek batangnya diantaranya sebagai berikut.

  1. Pertama-tama potong batang atau tangkai daun mint yang sudah dewasa dan masih segar. Potong batang atau stek tersebut sepanjang 10 – 15 cm dengan menggunakan gunting atau cutter yang telah dioleskan alkohol supaya steril. Letakkan potongan stek tanaman mint tersebut dalam gelas plastik yang berisi air. Biarkan hingga akar tanaman tumbuh.
  2. Setalah akar tanaman cukup panjang, batang tanaman mint tersebut sudah dapat dipindahkan dalam pot. Tanam batang tersebut dalam lubang yang cukup dalam dan tutup lubang setelah tanaman dimasukkan. Letakkan pot tersebut didaerah atau ruangan yang mendapatkan cukup sinar matahari karena tanaman mint menyukainya.
  3. Sirami tanaman mint dalam pot setiap hari dengan menyemprotnya menggunakan spray. Jika tanaman mulai tumbuh memanjang, gunakan stik atau batang kayu untuk membantu pertumbuhannya.
  4. Tanaman mint yang dirawat dan dijaga dengan baik akan tumbuh memanjang dan dapat dipangkas daunnya untuk digunakan setelah dua hingga tiga bulan dari waktu semainya.

Dengan menanam mint dari stek batangnya didalam pot, Anda bisa menikmati khasiat mint setiap harinya tanpa harus mengeluarkan biaya lebih untuk membelinya ditoko atau di swalayan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *