Cara Menanam Mentimun Metode Aquaponik NFT

Cara Menanam Mentimun Metode Aquaponik NFT

Urbanina.com – Membudidayakan tanaman dengan metode aquaponik dan hidroponik adalah salah satu inovasi dalam dunia pertanian saat ini untuk mengatasi masalah ketersediaan lahan yang semakin sempit. Sistem aquaponik adalah salah satu sistem yang digunakan dalam budidaya tanaman khususnya tanaman sayur dan buah. Ada banyak jenis tanaman yang dapat ditanam dengan menggunakan metode aquaponik diantaranya adalah tanaman mentimun yang sering dikonsumsi sebagai lalapan maupun sebagai jus sayuran. Sistem aquaponik sendiri adalah sistem budidaya tanaman yang menggabungkan metode tanam hidroponik dengan sistem akuakultur atau budidaya ikan air tawar seperti lele nila gurame dan jenis hewan air tawar lainnya. Untuk menanam mentimun yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ini diperlukan alat dan bahan tertentu yakni

menanam mentimun

  • Kolam ikan atau hewan air tawar budidaya. Kolam ikan dapat dibangun sesuai ukuran lahan dan kebutuhan dalam budidaya serta dapat dibuat dari beton maupun terpal. Perkirakan dengan baik jumlah ikan yang dapat ditampung dalam kolam dan volume air maksimal.
  • Bibit ikan tanaman yang ditanam dengan metode aquaponik mendapatkan nutrisi dari air kolam yang tercampur dengan sisa makanan dan kotoran ikan. Pilih bibit ikan dengan kualitas yang baik dan pastikan jumlah yang ditampung dalam kolam sesuai dengan jumlah tanaman yang akan ditanam.
  • Benih tanaman mentimun dapat diperoleh di toko yang menjual bibit atau benih tanaman atau online store yang terpercaya.
  • Media tanam ada beberapa media tanam yang dapat digunakan untuk menanam mentimun secara aquaponik diantaranya arang sekam, rockwool, ataupun kerikil
  • Media tanam atau netpot jika tidak ada netpot maka dapat digunakan botol air mineral yang telah dilubangi sebelumnya.
  • Perangkat pipa pvc dan pompa untuk mengalirkan air dan nutrisi dari kolam ikan ke tanaman

Langkah-langkah Penanaman Mentimun

Untuk menanam mentimun dengan sistem akuaponik model MTS maka ikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Persiapkan kolam ikan yang akan digunakan untuk budidaya ikan air tawar dan hitung besar dan tinggi kolam sesuai dengan kebutuhan dan luas area dalam hal ini kolom dapat dibangun dengan ukuran 2x1x0,5 meter.
  2. Siapkan pipa pvc dan rakit memanjang diatas kolam ikan dengan ukuran tertentu dan pastikan pipa tersebut dapat mengalirkan air dari dalam kolam dan kembali ke kolam. Sebelum dipasang di atas kolam lubangi terlebih dahulu bagian pipa pvc untuk meletakkan netpot atau wadah media tanam. Beri jarak antar Network 10 hingga 15 cm.
  3. Masukkan media tanam berupa arang sekam atau kerikil atau rockwool ke dalam wadah media tanam atau net pot dan Letakkan report tersebut dalam pipa pvc yang sudah dilubangi sebelumnya.
  4. Bibit mentimun dapat langsung ditanam dalam bentuk benih tanpa harus disemai terlebih dahulu. Benih diletakkan dalam media tanam sedalam 2 cm satu bibit untuk satu lubang.
  5. Pastikan bagian bawah wadah tanam terkena aliran air saat pompa dinyalakan dan pastikan air dapat melewati media tanam dalam paralon atau pipa pvc dengan baik tanpa terjadi penyumbatan.
  6. Setelah tanaman ditanam pada media maka tahap selanjutnya adalah tahap perawatan dimana petani harus melakukan penyulaman saat tanaman mentimun mulai tumbuh jika terjadi tanaman yang gagal tumbuh maka segera ganti dengan bibit yang baru.
  7. Tanaman timun akan tumbuh tinggi dan panjang sehingga diperlukan penggunaan batang kayu besi ataupun aluminium untuk menahan batang mentimun terutama saat buah mentimun mulai tumbuh.
  8. Jika tanaman mengalami penyakit atau terserang hama maka dapat disemprotkan air maupun pestisida organik Selain itu jika tanaman mengalami kekeringan atau defisiensi nutrisi maka petani dapat menambahkan pupuk kompos pada media tanam.
  9. Tanaman timun yang sudah berbuah dapat dipanen setelah berumur 2 hingga 3 bulan tergantung jenis dan varietas timun pemanenan dapat dilakukan dengan memetik langsung buah tersebut maupun menggunakan gunting atau alat bantu lainnya pemetikan timun sebaiknya dilakukan pada saat pagi atau sore untuk menjaga kualitasnya

Demikian cara menanam timun dengan metode NTF. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *