Cara Menanam Mangga Kio Jay Di Dalam Pot

Urbanina.com – Mangga kio jay diketahui masyarakat Indonesia telah cukup lama dan mangga ini mempunyai keistimewaan dalam hal rasa, berat buah, memiliki serat halus dan biji tipis. Saat buah mengkal daging buahnya terasa manis dan memiliki warna kuning bersinar merah, terlebih cukup tersinari matahari. Apabila kurang mendapatkan sinar matahari akan tetap memiliki warna hijau walaupun keadaannya matang di pohon. Tanaman buah ini cocok ditanam dalam pot, namun bagaimana cara menanam mangga kio jay di dalam pot?

Mangga kio jay merupakan mangga yang enak dikonsumsi saat dalam kondisi mengkal atau 80% sebelum matang. Bila dikonsumsi hingga matang di pohon maka daging buahnya akan terfermentasi akibatnya rasanya relatif masam dan lebih memiliki aroma menyerupai nanas yang telah terlampau masak dan rasanya tidak renyah sama sekali.

Cara Menanam Mangga Kio Jay di dalam Pot []

Tanaman mangga kio jay akan mulai menghasilkan buah setelah berumur 2 tahun setelah tanam dan mampu menghasilkan hingga 120 kg setiap tahun bila ditanam langsung di lahan tanah. Lalu bagaimana cara menanam mangga kio jay di dalam pot? Apabila dibudidayakan di dalam pot berupa tabulampot akan menghasilkan buah kira-kira 1 tahun sejak bibit tanaman dipindahkan dari polybag ke dalam pot. Sebaiknya gunakan pot dengan diameter paling sedikit 60 cm.

Sesudah dilakukan pemilihan dan pemindahan bibit tanaman ke dalam pot, langkah berikutnya dalam cara menanam mangga kio jay di dalam pot ialah merawat bibit tanaman supaya dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal. Merawat tanaman mangga kio jay terbilang gampang serta sederhana. Untuk memperoleh pertumbuhan yang maksimal hanya dibutuhkan pemberian nutrisi, baik nutrisi padat maupun cair, dengan dicampuri air serta dilakukan penyiraman setiap sore hari.

Dengan mempergunakan teknik tabulampot maka tanaman akan cepat menghasilkan buah dan dapat diupayakan tidak kenal musim supaya sepanjang tahun dapat memandang dan menikmati buah mangga yang besar ini dan rumah akan terlihat menarik dan indah.

Sebagian besar pembudidaya berpendapat bahwa musim kemarau merupakan waktu yang pas untuk menanam mangga kio jay karena curah hujan yang tinggi dan mendung malah akan mengganggu pertumbuhan tanaman mangga ini lantaran tanaman mangga yang berasal dari Thailand ini cuma akan tumbuh maksimal pada cuaca panas (kemarau).

Cara menanam mangga kio jay di dalam pot merupakan metode yang amat tepat untuk menghasilkan buah yang cepat dan terus-menerus sepanjang tahun. Pemberian nutrisi berbentuk pupuk padat dan cair dicampuri air amat disarakan selain pemberian pupuk kandang. Pemberian pupuk kandang akan menimbulkan humus yang bisa membantu membuat tanah manjadi subur.

Mangga kio jay tergolong mangga yang tahan banting. Perawatannya pun cukup sederhana semisal pemupukan padat dan cair dicampuri air yang dilakukan setengah bulan sekali. Pasokan nutrisi yang dibutuhkan tanaman ini mesti tercukupi karena buahnya berukuran besar. Selain itu penyiraman pada waktu sore hari perlu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan airnya. Alhasil cara menanam mangga kio jay di dalam pot tidak memerlukan banyak biaya dan waktu dalam masa perawatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *