Cara Menanam Kemangi Sistem Aquaponik

Cara Menanam Kemangi Sistem Aquaponik

Urbanina.com – Jika anda membudidayakan ikan air tawar pada suatu kolam Tidak ada salahnya jika anda juga membudidayakan tanaman dengan memanfaatkan air dari kolam tersebut. Sistem yang menggabungkan antara budidaya tanaman hidroponik dengan budidaya ikan secara akuakultur dikenal dengan sebutan aquaponik. Sistem aquaponik organ keuntungan yang lebih bagi para pembudidaya ikan karena selain mendapatkan hasil panen berupa ikan petani juga dapat memanen tanaman setiap waktu. Tak hanya itu dengan menanam tumbuhan secara aquaponik petani tidak perlu repot-repot menambahkan nutrisi yang diperlukan oleh tanaman dan juga tidak perlu risau tentang memfilter air yang digunakan untuk budidaya ikan. Salah satu tanaman yang dapat dibudidayakan dengan sistem ini adalah kemangi. Kemangi atau ocimum canum adalah salah satu tanaman herbal yang biasa dikonsumsi mentah sebagai lalapan atau sebagai campuran masakan. Rasanya yang segar dan aromanya yang harum membuat tanaman ini banyak digemari oleh masyarakat. Maka, menanam kemangi bisa menjadi hobi yang menyenangkan.

menanam kemangi

Cara menanam kemangi dengan sistem akuaponik juga tidak begitu sulit, Anda hanya perlu membangun perangkat secara sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam kemangi secara aquaponik

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Kolam penampung ikan yang berfungsi menampung air dan nutrisi yang berasal dari kotoran dan sisa makanan ikan.
  • Pipa pvc dengan ukuran panjang menyesuaikan ukuran kolam yang telah dilubangi pada bagian atasnya untuk meletakkan wadah media tanam.
  • Wadah media tanam dapat menggunakan netpot atau gelas plastik bekas air mineral yang telah dilubangi.
  • Media tanam untuk menanam kemangi anda dapat menggunakan kerikil arang sekam maupun pecahan genting atau gravel yang mudah didapat di lingkungan sekitar.
  • Benih kemangi yang didapat dari biji bunga tanaman kemangi yang telah dikeringkan sebelumnya.
  • Pompa yang akan mengalirkan air dari kolam menuju pipa pvc gimana tanaman diletakkan.

Langkah menanam kemangi dengan sistem aquaponik model ntf

Berikut ini dijelaskan tentang bagaimana cara menanam kemangi dengan metode NTF atau nutrient film technique.

  • Sebelum mulai menanam maka terlebih dahulu semua peralatan dan bahan harus disiapkan dan perangkat pipa dan pompa telah dihubungkan dengan kolam air
  • Tahap selanjutnya adalah penyemaian benih kemangi. Benih kemangi dapat di semai pada tanah halus yang diletakkan pada suatu wadah atau Baki plastik. Basahi tangan terlebih dahulu dengan air kemudian Letakkan benih pada tanah dengan jarak interval tertentu. Simpan wadah penyemaian tersebut pada tempat yang teduh dan biarkan bibit mulai tumbuh. Setelah bibit tanaman kemangi memiliki 2 hingga 4 daun maka tanaman dapat dipindahkan ke media tanam aquaponik.
  • Masukkan media tanam ke dalam pot kemudian Letakkan bibit tanaman di dalam media tanam tersebut Jangan lupa untuk membersihkan akarnya terlebih dahulu dari tanah yang masih menempel.
  • Setelah bibit diletakkan dalam wadah media tanam selanjutnya wadah tersebut dapat diletakkan pada lubang pipa pvc sudah diletakkan diatas kolom dan nutrisi dapat dialirkan.

Perawatan kemangi tidaklah begitu sulit, anda hanya perlu memangkas bunga yang baru tumbuh untuk merangsang percabangannya dan kemangi dapat dipanen setelah satu hingga dua bulan kemudian.

Demikian cara menanam tanaman kemangi dengan metode NTF. Selain dengan menggunakan metode NTF kemangi juga dapat ditanam dengan menggunakan metode rakit apung pada kolam ikan maupun dengan menggunakan sistem wick atau sistem sumbu. Dengan menanam kemangi pada perangkat aquaponik, anda dapat memperoleh kemangi segar dan juga manfaatnya setiap hari. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *