Cara Menanam Kangkung Dalam Polybag

Cara Menanam Kangkung Dalam Polybag

Urbanina.com – Kangkung atau yang dalam bahasa ilmiahnya dikenal sebagai Ipomoea reptans adalah salah satu sayuran hijau yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Tak hanya enak, kangkung memang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan terutama untuk membantu masa pertumbuhan. Kangkung kaya akan zat besi yang sangat baik bagi pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia serta mengandung zat gizi lainnya yang tak kalah penting. Jika kita terbiasa membeli kangkung terutama kangkung organic dipasaran mengapa kita tidak coba untuk menanamnya sendiri di kebun rumah kita? Berikut ini adalah cara menanam kangkung dalam polybag yang praktis dan bisa dipraktekkan oleh siapa saja.

kangkung dalam polybag

Alat dan bahan Yang Diperlukan :

  • Benih kangkung, benih bisa diperoleh ditoko pertanian atau took penyedia bibit tanaman. Pilihlah benih kangkung berkualitas baik dan sebaiknya belilah dalam kemasan aslinya bukan kemasan repackage kecuali Anda membelinya dari supplier yang terpercaya.
  • Polybag, kantung tanam yang biasa digunakan para pekebun untuk menampung tanah dan tanaman agar lebih praktis dan tanpa menggunakan pot. Penggunaan polybag cocok bagi Anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk bercocok tanam.
  • Media tanam berupatTanah dengan kualitas yang cukup baik dan tidak kering. Ada baiknya jika tanah yang digunakan untuk menanam kangkung telah dicampur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang alami.
  • Pupuk kompos, atau pupuk organik lainnya untuk menunjang pertumbuhan tanaman kangkung. Pupuk organik bisa ditambahkan pada tanah dengan perbandingan 2 : 1 dimana konsentrasi tanah lebih banyak disbanding pupuk.
  • Arang sekam, untuk menambah porositas tanah atau media tanam yang digunakan. Tambahkan arang sekam sedikit saja tidak perlu berlebihan.

Cara menanam kangkung dalam polybag :

Untuk proses penanaman kangkung dalam polybag sangatlah mudah. Kita bisa menyemai benihnya terlebih dahulu pada tanah atau langsung menanamnya dalam polybag agar lebih praktis. Berikut ini adalah proses menanam kangkung dalam polybag :

  1. Siapkan alat dan bahan terlebih dahulu dan letakkan media tanam dalam polybag. Sebelum ditanami bibit kangkung media tanam yang diletakkan dalam polybag sebaiknya didiamkan terlebih dahulu selama dua hari.
  2. Setelah didiamkan selama dua hari, bibit kangkung siap untuk ditanam dalam polybag. Jika melalu proses penyemaian terlebih dahulu maka tanaman bibit dipindahkan secara hati-hati ke dalam polybag. Jika menggunakan benih, buatlah tiga lubang pada media tanam dalam polybag dengan menggunakan jari telunjuk sedalam 10 hingga 15cm. masukkan benih kangkung dalam lubang yang telah dibuat tersebut masing-masing dua benih pada setiap lubang. Setelah benih diletakkan tutup bagian atas lubang dengan tanah atau media tanam dalam polybag tersebut.
  3. Biarkan benih kangkung tumbuh dan jangan lupa untuk menyiramnya dua kali sehari. Merawat tanaman kangkung tidaklah sulit karena tanaman ini mudah tumbuh. Kita hanya perlu membersihkan polybag sesekali dari gulma dan rumput liar yang tumbuh didalamnya.
  4. Setelah 25 hingga 30 hari tanaman kangkung yang sudah tumbuh lebat dapat dipanen dan dikonsumsi. Cara memanennya juga sangat mudah, cabut tanaman kangkung sampai akarnya atau jika ingin menanennya untuk kedua kali tak perlu mencabut tanaman sampai akarnya, cukup petik pada bagian batang atasnya.

Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi mulailah menanam tanaman sayur yang kita konsumsi sendiri dirumah dan jika kita bisa memproduksinya dalam jumlah banyak tanaman kangkung organic dalam polybag tersebut juga bisa mendatangkan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *