Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot

Urbanina.com - Jeruk sunkist merupakan salah satu jenis jeruk yang populer di Indonesia. Jeruk ini selalu mendominasi gerai buah di pasar tradisional hingga supermarket sebab tersedianya sepanjang tahun. Penggemar jeruk ini umumnya mengkonsumsi sunkist dengan cara dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus. Bila ingin menanamnya, bagaimana cara menanam jeruk sunkist dalam pot? Dengan kian sempitnya lahan di pekarangan atau halaman rumah, sebagian masyarakat, terutama ibu rumah tangga berusaha menanam jeruk sunkist tersebut di dalam pot (tabulampot). Namun sepertinya mereka belum mengetahui cara menanam jeruk sunkist dalam pot yang baik dan benar. Cara Menanam Jeruk Sunkist Dalam Pot [] Saat ini tabulampot jeruk sunkist telah banyak digemari oleh para penggemar jeruk. Pasalnya jeruk yang berasal dari California (Arizona) ini mempunyai rasa istimewa yang tidak sama dengan jenis jeruk lainnya. Jeruk sunkist saat ini masih dipasok dari luar negeri sehingga harganya masih terbilang cukup mahal, jadi wajar jika banyak orang ingin mencoba menanamnya sendiri terlebih jeruk sunkist tidak memerlukan perawatan khusus seperti tanaman tabulampot lainnya. Berikut ini segera urbanina paparkan cara menanam jeruk sunkist dalam pot untuk referensi Anda berkebun. Jeruk sunkist dapat dikonsumsi secara langsung begitu saja atau bisa dibuat menjadi jus yang mengandung beberapa macam manfaat. Tanah atau lahan yang tepat untuk bisa menanam atu membudidayakan jeruk sunkist ialah tanah lempung yang mengandung pasir sebab jeruk ini cocok sekali tumbuh di tanah/daerah yang lembab. Jeruk sunkist mempunya cara atau teknik penanaman tersendiri. Menanam jeruk sunkist tidak sembarang asal tanam karena mesti hati-hati dan teliti. Pasalnya bila tidak hati-hati dan teliti maka hasilnya tentu akan tidak optimal. Apabila ingin mengetahui cara menanam jeruk sunkist dalam pot mari kita simak uraian di bawah ini.
  • Anda mesti memilih bibit tanaman yang bagus. Bibit tanaman yang bagus mesti berasal dari bibit tanaman hasil perbanyakan dengan okulasi yang mempunyai cabang mata tunas tempel.
  • Pastikanlah bibit tanaman jeruk sunkist tersebut cuma memiliki tinggi kira-kira 30-45 cm dan umurnya sekitar 4-5 bulan. Bila usia bibit tanaman kurang ataupun melebihi dari 4-5 bulan maka hasil produksinya tidak akan bagus/optimal.
  • Hindari memilih atau membeli bibit tanaman yang telah berbuah. Itu salah satu ciri bibit tanaman itu tidak layak ditanam. Umumnya, bibit tanaman yang telah berbuah ini tidak dijual/dipasarkan oleh para pedagang bibit tanaman, malah pedagang membuangnya begitu saja karena bibit ini tidak dapat digunakan.
  • Bibit tanaman jeruk sunkist mesti terlepas dari serangan hama ataupun penyakit. Bila tetap memaksakan diri untuk melakukan penanaman, maka akan mempunyai risiko buruk untuk tanaman yang lainnya.
  • Anda mesti memilih pot yang benar-benar tepat untuk dilakukannya penanaman.
  • Gunakan tanah yang sudah dicampuri oleh pupuk kimia dan pupuk kandang supaya ketika disiram air mudah mengalir secara baik.
  • Pot diletakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung.
  • Lakukan penyiraman cuma 1 kali dalam sehari. Pasalnya tanaman ini tidak membutuhkan banyak air.
  • Tanah mesti dilakukan rotasi setiap 6 bulan sekali supaya kesuburan tanamannya tetap terpelihara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *