Cara Menanam Jambu Kristal Di Dalam Pot

Cara Menanam Jambu Kristal Di Dalam Pot

Urbanina.com – Menanam jambu kristal di dalam pot adalah salah satu pilihan yang dapat dilakukan untuk mengembangkan jambu tersebut. Teknik bercocok tanam jambu biji berjenis jambu kristal ini sebetulnya cukup banyak, salah satu caranya yang paling mudah dan menghasilkan buah yang maksimal adalah dengan menanamnya didalam pot. Namun bagaimana cara menanam jambu kristal di dalam pot?

Mengapa memilih bertanam jambu kristal di dalam pot? Salah satu kelebihan  menanam jambu kristal di dalam pot yaitu untuk menambah mutu buah jambu. Pasalnya melakukan budidaya jambu di dalam pot akan menyebabkan tanaman memperoleh suplai nutrisi yang banyak. Jambu kristal merupakan salah satu varietas dari demikian banyak tanaman jambu yang bisa  dibudidayakan.

Cara Menanam Jambu Kristal Di Dalam Pot

Untuk menanam tanaman jambu kristal di dalam pot Anda cuma perlu mempersiapkan beberapa bahan antara lain pot atau drum minyak bekas yang dipotong jadi 2 bagian. Lalu Anda pun mesti mempunyai bibit yang unggul agar buah yang dihasilkannya berkualitas dan unggul. Adapun cara menanam jambu kristal di dalam pot dapat Anda simak bahasannya di bawah ini.

Cara Menanam Jambu Kristal Di Dalam Pot

Tahap Pemilihan bibit

Anda dapat memilih sendiri bibit yang akan digunakan nanti. Anda dapat mempergunakan bibit dari hasil cangkok atau stek dan juga Anda bisa menggunakan bibit yang asalnya dari biji langsung. Namun sebaiknya Anda menggunakan bibit dari hasil pencangkokan atau stek sebab kualitasnya jelas, terlebih Anda mengetahui seluk beluk tanaman itu. Bila tidak ingin repot-repot mencangkok, saat ini telah banyak orang yang mecoba menjual bibit hasil cangkokan sehingga Anda dapat membelinya langsung.

Siapkan Media

Media tanam yang bisa digunakan ialah pot atau drum minyak bekas yang telah dibelah menjadi 2 bagian. Selanjutnya media tanam diisi dengan campuran berupa kotoran kambing, sekam padai dan tanah dengan perbandingan 1:1:1. Isilah pot atau drum minyak bekas dengan ketiga bahan di atas. Alangkah baiknya Anda tidak menggunakan kotoran kambing yang masih basah supaya tidak panas dan menimbulkan matinya tanaman jambu kristal.

Menanam Jambu Kristal

Sesudah semua bahan dipersiapkan kini waktunya Anda menanamkan bibit jambu kristal di dalam pot. Untuk menanam jambu kristal tentunya Anda semua telah mengetahui cara menanam jambu kristal di dalam pot. Pasalnya menanam jambu kristal tidak jauh berbeda dengan bertanam tanaman jambu jenis lainnya.

Perawatan

Sesudah bibit ditanam  maka Anda mesti memelihara tanaman jambu kristal tersebut dengan baik dan benar, berilah pupuk tambahan, siram secara rutin tiap pagi hari dan sore hari, aturlah suhu tanaman supaya terkena sinar matahari dengan cara optimal, kendalikanlah hama penyakit. Bila perlu Anda lakukan penyemprotan hama serta penyakit.

Setelah semua proses dilakukan dengan baik sehingga Anda pasti akan sukses dalam budidaya jambu kristal dalam pot. Demikianlah cara menanam jambu kristal di dalam pot, semoga berguna. Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *