Cara Menanam Daun Mint Dalam Polybag

Cara Menanam Daun Mint Dalam Polybag

Urbanina.com – Daun mint (Mentha piperita) adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan dalam industri obat-obatan, makanan dan minuman. Aroma dan rasa mint yang khas membuat daun ini sangat berkhasiat bagi tubuh. Selain itu, daun mint juga mengandung berbagai senyawa aktif yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mengatasi beberapa gangguan kesehatan seperti masuk angin, batuk, flu, dan lain sebagainya. Daun mint memang cukup sulit ditemukan dipasar tradisional dan kita bisa menjumpainya di supermarket yang cukup besar. Jika Anda senang mengkonsumsi teh yang dicampur daun mint atau menggunakannya untuk tujuan lain, Anda bisa menanamnya sendiri dirumah dengan menggunakan polybag. Untuk mengetahui cara menanam daun mint dalam polybag, simak penjelasannya berikut ini.

menanam daun mint

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan

Tanaman mint dapat dengan mudah ditanam pada berbagai media dengan banyak metode tanam. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara menanam daun mint secara organik dalam polybag. Alat dan bahan yang diperlukan antara lain :

  • Benih tanaman mint, pilihlah benih dari jenis tanaman mint yang ingin ditanam misalnya jenis spearmint yang rasanya tidak terlalu pedas atau peppermint yang rasanya lebih pedas. Pilihlah benih berkualitas baik dan pastikan benih yang dibeli dalam kemasan yang memiliki tanggal kadaluarsa.
  • Polybag dengan diameter 15 hingga 30 cm.
  • Media tanam berupa arang sekam atau tanah yang cukup baik teksturnya.
  • Pupuk kompos atau pupuk kandang sebagai nutrisi organik. Hindari penggunaan nutrisi atau pupuk kimia jika ingin menanam tanaman mint secara organik.
  • Wadah atau tray semai yang digunakan untuk menyemai bibit mint sebelum dipindahkan pada polybag.
  • Sekop kecil dan alat kebun standar lainnya yang dibutuhkan

Proses Menanam Daun Mint Dalam Polybag

Meskipun menanam daun mint terbilang mudah, kita tetap perlu hati-hati karena tanaman ini cukup rapuh saat belum dewasa. Setelah alat dan bahan telah siap maka tahap penanaman dapat mulai dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Proses pertama yang dilakukan sebelum menanam daun mint pada polybag adalah penyemaian benih. Sebelum disemai tanah atau sekam yang dicampur dengan kompos dengan perbandingan 1 : 1 yang akan digunakan untuk menyemai harus dikukus terlebih dahulu sekitar 30 menit. Setelah itu tunggulah hingga media tanam kembali dingin. Baru setelah itu benih bisa ditebar pada wadah semai dan ditaburi tanah atau sekam tipis diatasnya, tutup wadah dengan plastik dan simpan ditempat teduh. Semprot media semai setiap hari dengan air yang diletakkan dalam spray. Setelah beberapa minggu, benih mint akan tumbuh dan siap untuk dipindahkan ke polybag.
  2. Setelah bibit mint memiliki dua hingga empat buah daun maka tanaman mint dapat dipindahkan pada media tanam yang telah disiapkan dalam polybag. Saat memindahkan, lakukan dengan hati-hati karena akar tanaman mint mudah rusak.
  3. Perawatan tanaman mint dalam polybag cukup mudah, kita hanya perlu menyiramnya dua kali sehari namun lakukan dengan sangat hati-hati dan jangan berlebihan karena dapat menyebabkan pembusukan akar. Tambahkan pupuk organik berupa pupuk kompos atau pupuk kandang setiap seminggu sekali.
  4. Tanaman mint yang dirawat dengan baik dapat dipanen setelah usianya mencapai dua hingga tiga bulan. Jika ingin memanennya sekaligus Anda dapat mencabut seluruh batang hingga ke akarnya dan jika ingin memanennya lagi dilain hari, kita bisa menggunting daunnya saja tanpa harus mencabut akarnya.

Bagaimana? Mudah bukan? Menanam mint dirumah sendiri pastinya akan sangat bermanfaat terutama jika kita terbiasa mengkonsumsi daun mint setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *