Cara Menanam Cabai Merah Hidroponik Sederhana

Cara Menanam Cabai Merah Hidroponik Sederhana

Urbanina.com – Saat ini sistem hidroponik adalah salah satu sistem tanam yang banyak digemari oleh masyarakat terutama mereka yang hobi berkebun. Sistem hidroponik yang juga disebut-sebut sebagai sistem tanam urban farming banyak dipraktekkan untuk menanam berbagai macam sayuran dan buah seperti cabai merah. Cabai merah sendiri dikenal sebagai komiditi pasar yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan harganya bisa naik setiap saat. Untuk mengatasi kenaikan harga cabai tersebut, ada baiknya jika kita bisa menanam cabai sendiri dirumah setidaknya untuk memenuhi kebutuhan dapur, sehingga kita tidak lagi pusing jika harga cabai mengalami kenaikan. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menanam cabai merah hidroponik sederhana yang tidak memerlukan banyak biaya, simak penjelasannya berikut ini.

menanam cabai merah hidroponik

Alat dan bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam cabai merah hidroponik, alat dan bahan yang dibutuhkan antara lain :

  • Benih cabai merah yang bisa diperoleh ditoko pertanian dengan kualitas yang baik. Jika tidak ingin membeli benih, kita bisa menggunakan biji cabai yang diambil dari cabai segar yang telah berusia tua.
  • Botol bekas air mineral sebagai tempat meletakkan nutrisi dan meletakkan wadah media tanam atau netpot.
  • Netpot sebagai wadah media tanam atau jika tidak tersedia bisa menggunakan gelas bekas air mineral yang dilubangi sisinya dengan menggunakan paku atau solder.
  • Media tanam hidroponik, sebaiknya gunakan sekam bakar agar lebih praktis atau jika tidak tersedia bisa menggunakan media tanam lainnya seperti sabut kelapa.
  • Nutrisi khusus hidroponik seperti nutrisi AB Mix yang bisa diperoleh di toko yang menyediakan alat dan bahan hidroponik.
  • Pupuk ZPT yang digunakan saat penyemaian dan berfungsi mempercepat perkecambahan dan pertumbuhan tanaman.
  • Kain flanel atau sumbu kompor yang digunakan untuk melewatkan nutrisi dari hidroponik dari wadah nutrisi menuhu tanaman.

Proses Yang Dilalui Untuk Menanam Cabai Merah Hidroponik

Sebelum menanam cabai merah hidroponik, ada beberapa langkah yang harus diketahui, diantaranya sebagai berikut

  1. Tahap pertama dalam proses penanaman cabai merah adalah penyemaian. Benih cabai merah yang sudah disiapkan sebelumnya harus dibungkus dengan kain dan dibasahi dengan air hangat. Selanjutnya benih yang dibungkus kain tersebut diletakkan diruangan yang gelap. Setelah semalam, benih kemudian bisa disemai diatas baki plastik yang telah diisi dengan arang sekam. Benih ditebarkan secara merata kemudian ditutup lagi dengan arang sekam dan disiram dengan air agar media dalam keadaan basah. Simpan baki berisi benih semaiaman ditempat gelap hingga benih berkecambah menjadi bibit tanaman kecil.
  2. Tahap selanjutnya adalah pemindahan bibit pada instalasi hidroponik modern yang terbuat dari botol bekas. Botol bekas air mineral tersebut dibelah menjadi dua bagian dengan bagian bawah lebih lebar dibandingkan bagian atas atau tutupnya. Bagian bawah botol kemudian diisi dengan larutan nutrisi AB Mix yang telah dicampur air pada takaran tertentu. Jangan lupa untuk mengikat bagian tutup botol dengan kain flanel atau sumbu dan pastikan bagian bawah sumbu bisa menjangkau larutan nutrisi dan bagian atasnya menjangkau media tanam.
  3. Letakkan bagian atas botol secara terbalik baru setalah itu netpot yang berisi media tanam sekaligus bibit dapat dipindahkan kedalamnya. Pastikan tanaman mendapatkan cukup nutrisi dan ganti nutrisi apabila nutrisi mulai berbau.
  4. Tanaman cabai akan tumbuh besar dan siap dipanen setelah dua hingga tiga bulan tergantung pada varietas dan kualitas cabai yang ditanam.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *