Cara Menanam Cabai Merah Aquaponik

Cara Menanam Cabai Merah Aquaponik

Urbanina.com – Cabai merah (Capsicum annuum L) adalah salah satu tananam yang banyak dibudidayakan oleh para petani karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Harga cabai yang tinggi dipasaran seringkali menjadi alasan banyaknya orang yang menanam cabai sendiri di halaman rumah atau pekarangan. Salah satu metode metode yang digunakan adalah sistem menanam cabai merah aquaponik. Sistem aquaponik adalah sistem yang menggabungkan hidroponik atau sistem tanam tanpa media tanah dengan sistem aquakultur atau budidaya ikan atau hewan air tawar lainnya. Sistem aquaponik dinilai sebagai suatu sistem yang lebih ramah lingkungan dengan hasil ganda dimana petani bisa memanen ikan dan cabai sekaligus. Jika Anda memiliki kolam ikan diarea halaman rumah tidak ada salahnya menerapkan sistem tanam ini jika Anda ingin menanam cabai, apalagi kondisi iklim di Indonesia sangat cocok untuk menanam jenis tanaman yang satu ini.

menanam cabai merah aquaponik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Alat dan bahan yang diperlukan dalam merangkai sistem aquaponik untuk menanam cabai merah aquaponik antara lain :

  • Kolam ikan yang berukuran sekitar 2 x 5 meter, kolam bisa terbuat dari beton atau terpal. Kolam tersebut cukup untuk menampung hingga 100 ekor ikan dengan kedalaman kolam berkisar antara 1 hingga 1,5 meter.
  • Pipa PVC atau paralon dengan diameter 3 – 5 cm. pipa nantinya akan dilubangi dan digunakan untuk menempatkan wadah media tanam beserta tanaman. Lubang pipa dibuat dengan jarak sekitar 10 cm setiap lubangnya.
  • Netpot yang bisa diperoleh ditoko yang menyediakan peralatan hidroponik atau gelas plastik bekas air mineral.
  • Media tanam bisa berupa arang sekam atau pecahan genting ataupun media tanam hidroponik lainnya seperti rockwool.
  • Pompa air dan pipa untuk mengalirkan air dari kolam menuju pipa PVC dimana tanaman diletakkan.
  • Ikan air tawar seperti lele atau jenis ikan air tawar lainnya seperti gurami, kerapu maupun nila tergantung selera.

Proses Penanaman Cabai Merah Aquaponik

Untuk menanam cabai merah aquaponik memang diperlukan persiapan yang lumayan rumit. Adapun langkah-langkah menanam cabai merah aquaponik adalah sebagai berikut :

  1. Tahap pertama adalah persiapan kolam dan perakitan pipa PVC diatas kolam serta pompa yang digunakan untuk mengalirkan air ke kolam. Pipa diletakkan secara horizontal diatas kolam ikan dan pastikan pompa terpasang dengan baik agar air dapat terus mengalir secara kontinyu. Menanam cabai dengan sistem aquaponik membutuhkan aliran air minimal 8 jam setiap hari. Otomatis aliran listrik juga harus tersedia setiap saat karena sistem ini hamper samadengan sistem hidroponik NTF.

 

  1. Sembari menyiapkan kolam ikan, persiapkan benih cabai sebelum disemai. Rendam biji cabai selama 20 hingga 30 menit dalam air hangat kemudian biji cabai tersebut bisa disemai pada tanah atau sekam hingga berkecambah. Setelah berkecambah dan tumbuh bibit, cabai bisa dipindahkan kedalam netpot beserta dengan arang sekam yang digunakan untuk menyemai.

 

  1. Letakkan netpot pada lubang PVC yang telah dibuat sebelumnya dan alirkan air secara kontinyu setiap harinya. Karena nutrisi yang diperoleh dari kolam tidak seperti nutrisi hidroponik maka kita bisa menambahkan pupuk pada tanaman secara berkala misalnya dengan menambahkan pupuk kompos atau endapan lumpur yang bisa diperoleh dari dasar kolam ikan.

 

  1. Tanaman cabai aquaponik tidak memerlukan banyak perawatan hanya terkadang kita perlu memangkas daun dibagian ketiak atau batang bagian atas dan bawah. Hasil tanaman cabai aquaponik tidak begitu banyak tapi tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur. Cabai bisa dipanen setelah tumbuh cukup besar dan berwarna merah.

 

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *