Cara Menanam Cabai Keriting Organik Di Halaman Rumah

Cara Menanam Cabai Keriting Organik Di Halaman Rumah

Urbanina.com – Cabai keriting adalah salah satu varietas cabai yang banyak dikenal masyarakat Indonesia pada umumnya dan kebanyakan masyarakat lebih menggemari jenis cabai merah yang satu ini ketimbang jenis cabai merah lainnya. Harga jual cabai keriting yang cukup tinggi di pasaran juga bisa menjadi motivasi bagi beberapa kalangan terutama bagi mereka yang hobi berkebun, untuk menanam cabai keriting dihalaman rumah yang kosong. Memang banyak orang yang lebih memilih menghiasi halamannya dengan tanaman bunga, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita menanam tanaman cabai yang lebih produktif dan jika ditanam secra organic harga jualnya juga tentu lebih tinggi dan pastinya kita tidak perlu khawatir akan dampak negatif pestisida atau pupuk buatan yang digunakan oleh petani. Lalu, bagaimana cara menanam cabai keriting secara organic dihalaman rumah? Kali ini kita akan membahas mengenai hal tersebut, jadi simak terus penjelasannya dibawah ini.

menanam cabai keriting

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Untuk menanam cabai secara organik secara kangsung dihalaman rumah kita tidak memerlukan banyak alat dan bahan sebagaimana menanam cabai dengan menggunakan sistem hidroponik maupun aquaponik. Kita hanya perlu memiliki lahan dengan luas tertentu dan cukup untuk ditanami sejumlah tanaman cabai. Sebelum menanam cabai siapkan terlebih dahulu benih cabai keriting yang akan ditanam. Benih bisa diperoleh dari biji cabai keriting yang dibeli dipasaran atau benih jadi yang siap tanam yang bisa diperoleh di toko yang menyediakan benih tanaman berkualitas. Selain benih, hal yang tidak kalah penting dalam menanam tanaman secara organik adalah  pupuk kandang atau pupuk kompos. Pupuk tersebut bisa dibuat sendiri dengan memanfaatkan sampah organik rumah tangga seperti sisa sayuran atau sisa dedaunan yang dibusukkan atau juga bisa dengan menggunakan pupuk kandang yang diperoleh dari kotoran hewan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengolah sampah menjadi pupuk, Anda bisa mendapatkan pupuk organik tersebut di toko pertanian terdekat. Alat-alat standar lainnya dalam berkebun misalnya cangkul, sekop kecil atau selang air juga diperlukan untuk mengolah dan mengairi tanah.

Proses Menanam cabai Keriting Organik Di Halaman Rumah

Proses atau cara menanam cabai organik dihalaman atau pekarangan rumah tidak jauh berbeda dengan cara menanam cabai di pot atau polybag. Adapun tahap-tahap menanam cabai keriting secara organik dihalaman rumah adalah sebagai berikut :

  1. Pertama, yang perlu kita lakukan sebelum menanam cabai adalah mempersiapkan benihnya. Rendam biji cabai keriting dalam air hangat selama tiga jam dan sisihkan biji yang mengapung dipermukaan. Biji yang tenggelam selanjutnya didimakan semalaman sebelum disemai pada permukaan tanah.
  2. Sebelum disemai, tanah yang digunakan untuk menanam cabai keriting harus digemburkan terlebih dahulu dengan cara dicangkul dan selanjutnya dibuat gundukan atau tegalan agar menanam cabai lebih mudah. Tebarkan pupuk kompos pada bagian atas permukaan tanah dan buatlah lubang dengan kedalaman sekitar 30 cm untuk meletakkan benih cabai, berilah jarak antara lubang yang satu dengan lubang yang lain sekitar 5 cm.
  3. Masukkan benih kedalam lubang yang telah disiapkan, masing-masing dua benih untuk setiap lubang lalu tutup lubang tersebut dengan tanah agar benih terkubur didalamnya. Sirami tanah agar kondisinya lembab namun jangan menyiramnya berlebihan. Jika bisa tutuplah tanah atau gundukan yang telah diberi benih tersebut dengan menggunakan plastik dengan jarak 40 cm dari permukaan tanah.
  4. Setelah cabai tumbuh dan memiliki hingga 5 helai daun, tutup plastik bisa dibuka dan biarkan tanaman mendapatkan cukup sinar matahari. Cabut rumput dan gulma yang tumbuh disekitar tanaman dan tambahkan pupuk kompos atau pupuk kandang seminggu sekali. Jika ada hama yang menyerang tanaman atau muncul gejala defisiensi, atasi dengan menggunakan pestisida organik yang terbuat dari bahan-bahan alami dan tambahkan unsur hara yang dibutuhkan tanaman sesuai dengan gejala defisiensi yang timbul.
  5. Tanaman cabai yang dirawat dengan baik akan tumbuh besar dan berbuah setelah dua hingga tiga bulan dan kita bisa memanennya berkali-kali.

Demikian sedikit penejelasan tentang bagaimana memanfaatkan lahan kosong pada area halaman rumah untuk menanam cabai keriting. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *