Cara Menanam Cabai Hidroponik Rakit Apung Sederhana

Cara Menanam Cabai Hidroponik Rakit Apung Sederhana

Urbanina.com – Sistem tanam hidroponik yang banyak digunakan memiliki berbagai macam teknik serta metode dalam prakteknya. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk menanam tanaman dengan metode hidroponik adalah hidroponik rakit apung atau yang juga dikenal dengan sebutan sistem tanam water culture atau sistem floating raft. Ada banyak tanaman yang bisa ditanam dengan metode ini contohnya tanaman cabai. Berbagai jenis tanaman cabai bisa ditanam dengan cukup sederhana dengan menggunakan peralatan yang sederhana namun hasilnya cukup memuaskan. Sesuai namanya sistem rakit apung memungkinkan tanaman untuk mengapung diatas permukaan air dan tanaman akan mendapatkan nutrisi dari akar tanaman yang terendam nutrisi. Berikut ini adalah cara menanam cabai hidroponik dengan menggunakan sistem rakit apung sederhana.

menanam cabai hidroponik

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Untuk menanam cabai hidroponik dengan menggunakan sistem floating raft atau rakit apung sederhana, alat dan bahan yang diperlukan antara lain :

  • Baskom atau bak plastik dengan ukuran yang cukup besar misalnya dengan ukuran 50 x 20 x 30 atau menyesuaikan
  • Benih tanaman cabai yang bisa didapat dari biji cabai segar yang telah masak atau berusia cukup tua. Jika kesulitan menggunakan biji yang diambil langsung dari buah cabai, kita bisa memperoleh benih cabai dengan jenis dan varietas yang kita inginkan dari toko yang menyediakan benih tanaman atau toko pertanian.
  • Wadah media tanam bisa berupa netpot atau gelas plastik bekas air mineral yang dilubangi pada permukaannya.
  • Sterofoam atau gabus yang akan digunakan untuk menahan wadah media tanam dan tanaman sekaligus menutupi bagian atas bak plastik tempat meletakkan larutan nutrisi.
  • Alumunium foil yang digunakan untuk melapisi sterofoam dan melindunginya dari air sehingga sterofoam akan lebih awet.
  • Media tanam hidroponik misalnya rockwoll. Jika menggunakan rockwoll sebagai media tanam, potong-potong sesuai ukuran netpot misalnya 3 x 3 x 3 cm.
  • Larutan nutrisi khusus hidroponik misalnya larutan AB Mix yang dicampur dalam air dengan takaran tertentu. Biasanya kita bisa melarutkan 5 ml larutan A dan 5 ml larutan B ke dalam 1 literair atau menyesuaikan petunjuk penggunaan larutan nutrisi hidroponik yang tertera pada kemasan.

Proses Menanam Cabai Hidroponik Rakit Apung

Menanam cabai hidroponik dengan sistem rakit apung tidaklah sesulit yang dibayangkan. Berikut ini adalah langkah-langkah menanam cabai dengan metode rakit apung sederhana

  1. Potong sterofoam seukuran bak plastik dan sesuaikan dengan benar agar sterofoam bisa menutup bagian atas bak plastik dengan sempurna. Setelh dipotong, lubangi sterofoam sesuai ukuran netpot atau gelas air mineral agar nantinya bisa menahan media dan tanaman dengan baik.
  2. Tahap pertama sebelum menanam cabai hidroponik dalam sistem rakit apung adalah penyemaian. Benih cabai disemai pada media hidroponik rockwoll. Letakkan potongan rockwoll yang telah dilubangi bagian tengahnya pada sebuah baki atau nampan plastik dan letakkan dua benih cabai pada masing-masing potongan rockwoll. Basahi rockwoll dan simpan dalam tempat atau ruangan yang terlindung cahaya.
  3. Sembari menunggu bibit tumbuh, kita bisa mempersiapkan larutan nutrisi terlebih dahulu dan meletakkannya dalam bak plastik dengan ketinggian nutrisi sekitar 8 cm dari permukaan bak plastik.
  4. Letakkan potongan rockwoll yang berisi bibit cabai pada netpot dan pindahkan netpot tersebut pada sterofoam yang telah dilubangi. Pastikan bagian bawah netpot menyentuh nutrisi dan jarak antara bagian bawah netpot dengan bagian dasar bak adalah 5 cm.
  5. Gantilah larutan nutrisi jika berbau atau tingkatkan pemberian nutrisi setiap minggunya. Tanaman cabai bisa ditanam setelah dua hingga tiga bulan jika dirawat dengan baik.

Demikian cara menanam cabai dengan menggunakan sistem hidroponik rakit apung. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *