Cara Menanam Buah Naga Kuning Cepat Berbuah

Cara Menanam Buah Naga Kuning Cepat Berbuah

Urbanina.com – Buah naga kuning atau disebut Hylocereus megalanthus dalam bahasa Latinnya adalah salah satu varietas buah naga yang masih cukup langka dan terbilang relatif mahal harganya sebab ketersediaannya di pasaran masih sedikit. Hal ini dikarenakan buah naga kuning lebih lambat pertumbuhannya ketimbang buah naga merah atau jenis yang lainnya. Buah naga kuning memerlukan waktu paling cepat 2 tahun untuk dapat berbuah. Disamping itu perakarannya juga lebih sedikit dan mempunyai batang yang lebih kecil akibatnya buahnya pun kecil. Sedangkan kecenderungan konsumen menginginkan buah naga kuning yang ukurannya besar meski tidak sebesar buah naga merah. Adapun kelebihan dari buah naga kuning yaitu rasa buahnya yang lebih manis dibandingkan dengan buah naga merah serta mengandung gizi yang lebih baik. Jadi, bagaimana cara menanam buah naga kuning cepat berbuah dan buahnya besar?

Sebetulnya untuk menanam buah naga kuning relatif mudah, yang menjadi hambatan yaitu  masih kurangnya ketersediaan bibit akibatnya sulit untuk mencukupi kebutuhan bibit bagi para petani/pembudi daya tanaman. Walaupun tidak setenar buah naga merah, buah naga kuning ini belum begitu banyak ditanam orang. Hal ini juga yang menyebabkan pasokan buah naga kuning masih amat minim. Namun ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena harga jualnya akan tinggi. Adakah cara menanam buah naga kuning cepat berbuah dan besar buahnya?

Cara Menanam Buah Naga Kuning Cepat Berbuah

Saat ini telah terdapat cara menanam buah naga kuning cepat berbuah dengan ukuran buahnya yang besar. Untuk memacu pertumbuhan buah naga kuning bisa diakali dengan cara menyambung menggunakan batang dari jenis buah naga yang lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini diuraikan cara menanam buah naga kuning cepat berbuah ala Ibu Asroful Uswatun, seorang pembudidaya buah naga asal Kabupaten Jember (Jawa Timur).

  • Ambillah 2 buah batang, batang buah naga kuning dan batang buah naga jenis lainnya yang mempunyai batang berukuran lebih besar. Batang bawah yang akan dipergunakan untuk penyambungan mesti dipastikan yang telah banyak akarnya supaya tanaman bisa langsung tumbuh dengan baik.
  • Kedua batang disambungkan dengan teknik potong sambung berbentuk huruf L untuk kedua batang tersebut atau berbentuk huruf V pada batang atasnya, sedangkan untuk batang bawahnya cukup dengan dibelah saja.
  • Sesudah menyambung dengan teknik pemotongan seperti tadi, Anda bisa mulai mengikat kedua batang tersevut dengan tali plastik atau rapia supaya bisa menempel dengan baik.
  • Setelah kedua batang dipastikan menempel, Anda bisa menanamnya dalam polybag atau pot berdiameter 15 cm sesudah kedua batang itu dipastikan menempel.
  • Selama proses penempelan tanaman disimpan di tempat yang lindap atau di bagian atasnya dipasang pelindung selama kira-kira 2 minggu hingga 1 bulan.
  • Sesudah tanaman tumbuh baik maka semua duri yang terdapat pada batang bawah dibersihkan supaya pertumbuhan tunasnya bisa terkonsentrasi ke pertumbuhan tunas bagian atas yakni pada batang buah naga berwarna kuning.

Dengan diaplikasikannya teknik penyambungan (grafting) dengan batang buah naga jenis lainnya mempunyai keuntungan yakni buah naga kuning menjadi lebih mudah berbuah. Bila umumnya buah naga kuning baru bisa berbuah setelah berusia 1,5 – 2 tahun, maka dengan cara penyambungan ini buah naga kuning telah dapat berproduksi atau berbuah pada umur 9 bulan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *