Cara Menanam Brokoli Sistem Hidroponik

Cara Menanam Brokoli Sistem Hidroponik

Urbanina.com – Mungkin anda mengalami kebosanan saat menanam sayuran yang itu-itu saja dan ingin bereksperimen dengan jenis sayuran lainnya. Sistem hidroponik yang tidak menggunakan tanah sebagai medianya dapat diaplikasikan untuk membudidayakan berbagai macam tanaman termasuk tanaman kubis-kubisan atau tanaman kol atau famili Brassicaceae. Salah satu jenis tanaman dari family tersebut adalah brokoli. Ya, menanam brokoli dapat menjadi salah satu pilihan tanaman budidaya terutama jika anda tinggal di lingkungan pegunungan atau di daerah yang sejuk. Meskipun demikian saat ini brokoli juga dapat ditanam di daerah dataran rendah maupun didaerah beriklim sedang atau cukup panas asalkan tanaman tersebut ditanam di dalam ruangan yang telah diatur kondisinya.

menanam brokoli

Brokoli dapat tumbuh dengan baik jika ditanam dengan metode hidroponik dan dalam suatu green house. Salah satumetode hidroponik yang dapat diaplikasikan untuk menanam brokoli adalah Dutch Bucket System atau SIstem DB. Namun jika anda ingin membangun perangkat yang lebih sederhana maka anda dapat menggunakan metode Wick atau system sumbu.

Berikut Ini adalah cara menanam brokoli dengan metode wick.

Sebelum mulai menanam maka terlebih dahulu system dan perangkat hidroponik harus dibangun. Anda dapat membangun perangkat tersebut sendiri dengan peralatan yang sederhana maupun membelinya atau meminta bantuan dari seseorang yang sudah ahli dalam membuat perangkat hidroponik. Diantara alat dan bahan yang diperlukan dalam menanam brokoli system hidroponik antara lain

  • Wadah atau tendon penampung air dan nutrisi yang akandigunakan untuk mengairi tanaman.
  • Wadah media tanam bisa berupa netpot ataupun wadah lain yang memiliki lubang di bagian samping dan bawah.
  • Media tanam yang digunakan untuk menanam brokoli dapat menggunakan arang sekam yang dicampur dengan cocopeat dengan perbandingan 1 : 1
  • Kain flanel yang digunakan sebagai sumbu untuk mengalirkan air dari wadah penampung air menuju media tanam dimana tanaman tumbuh.
  • Nutrisi hidroponik seperti larutan AB mix yang dapat diperoleh di toko-toko pertanianatau online store.
  • Benih tanaman brokoli yang dapat diperoleh dari toko pertanian maupun online store terpercaya. Pastikan benih yang digunakan adalah benih berkualitas baik dan sebaiknya bukan dibeli dalam kemasan repackage.

Langkah menanam brokoli metode hidroponik

  • Tahap pertama untuk menanam brokoli adalah penyemaian benihnya. Benih brokoli dapat di semai pada tanah halus yang telah disterilkan sebelumnya dengan cara dikukus selama 1 jam dan didinginkan. Letakkan benih brokoli satu persatu pada tanah yang diletakkan pada baki plastic atau wadah lainnya. Simpan wadah semai tersebut di daerah yang terlindung dari cahaya dan biarkan hingga tanaman tumbuh dan memiliki 4 buah daun
  • Jika bibit telah memiliki daun maka bibit tersebut dapat dipindahkan pada media tanam hidroponik yang telah disusun pada pipa atau perangkat hidroponik tersebut. Jangan lupa untuk mengikatkan kain flannel pada bagian dasar netpot dan ujung lainnya terendam dalam air.

 

  • Larutlan nutrisi dengan air pada takaran tertentu dan biarkan tanaman brokoli mendapatkan nutrisi dari wadah penampungan tersebut.

 

  • Perawatan tanaman brokoli harus diperhatikan dengan baik dan tanaman perlu dilakukan pemangkasan pada bagian daun yang tumbuh di sisi samping tanaman apabila brokoli sudah mulai tumbuh besar.

 

Jangan lupa juga untuk mengatur pH dan kondisi lingkungan tempat brokoli ditanam. Brokoli menyukai cahaya sehingga jika menanamnya dalam greenhousepastikan anda memberikan penerangan yang cukup. Jika tumbuh dengan normal maka brokoli dapat dipanen setelah dua hingga tiga bulan. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *