Cara Menanam Bibit Durian Musangking Dalam Pot

Urbanina.com - Sejumlah pembudidaya atau petani menanam bibit durian musangking cuma sekedar menempatkannya dalam lubang yang baru dibuatnya dan meninggalkannya demikian saja. Setelah itu mengharapkan tumbuh besar dan menghasilkan buah secara alami. Sebenarnya bagaimana cara menanam bibit durian musangking dalam pot supaya bisa tumbuh baik. Bagi penggemar buah-buahan, buah durian telah menjadi favorit dan selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Buah ini dikenal karena rasanya yang memang lezat dan dagingnya legit juga aromanya yang khas. Beragamnya varietas durian yang ada membuat pecintanya makin asyik memburu buah berduri ini. Beberapa jenis durian yang saat ini banyak dicari dan ditanam diantaranya durian pelangi, durian merah, durian petruk, durian monthong, durian bawor, dan durian musangking. Namun bagaimana cara menanam bibit durian musangking dalam pot? Cara Menanam Bibit Durian Musangking Dalam Pot [ ] Berikut ini urbanina bagikan bocoran tentang cara menanam bibit durian musangking dalam pot untuk referensi Anda berbudidaya tabulampot.
  • Memilih Lokasi. Perhatikanlah syarat-syarat tumbuhnya sebab bila telah salah tempat mungkin saja tanaman tumbuh tapi gagal menghasilkan buah. Bisa juga mengalami hal yang unik dimana bahkan tanaman tumbuh dengan adaptasi yang hebat. Durian akan tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian < 800 m dpl, kemiringan lahan 5┬░ - 20┬░, suhu 28-29oC, pH 6,0-7,0, dan tanah lempung berpasir.
  • Lubang Tanam. Sediakan lubang tanam yang baik (dalam : 40-50 cm, lebar: 60 x 60 cm/200 x 200 cm), ukurannya disesuaikan dengan keadaan lahannya. Bila lahannya mengandung batu sebaiknya buatlah lubang yang lebih besar agar akar tanaman mempunyai ruang jelajah yang lega. Jika tanahnya gembur ukuran lubang dibuat lebih sempit. Galilah tanah dengan sekop/cangkul. Pisahkan tanah bagian atas dan bagian bawah yang tadi digali. Biarkan lubang tanam selama 2 minggu. Campurlah tanah bagian atas dengan 200 gr pupuk Sp36 dan 200 gr kapur lalu dimasukkan kedalam lubang tanam. Lubang diberi ajir dan didiamkan sedikitnya 2 minggu sebelum siap ditanami.
  • Galilah lubang di pot seukuran polybag. Polybag dipotong pada bagian dasarnya dengan gunting atau pisau. Bibit dimasukkan ke dalam lubang sebatas permukaan polybag. Lalu polybag di tarik ke atas. Timbunlah menggunakan tanah bagian bawah hingga bidang sambung. Setelah ditanam segera disiram air sebanyak 5 liter/tanaman. Boleh juga di sekitar benih yang barusan ditanam disiram menggunakan larutan phosphonate sebanyak 10 liter dengan takaran 1 m/liter.
  • Naungan dan Mulsa. Buatlah naungan untuk peneduh pada setiap tanaman dalam pot dari bahan karung, alang-alang, rumbia atau paranet guna mencegah paparan sinar matahari. Lakukan penaungan selama 6-12 bulan. Pada saat musim kemarau jika lahannya relatif terbuka lebih baik diberikan jerami buat menekan lajunya penguapan air pada tanaman. Alhasil selama tanamannya rutin disiram air dan sehat maka kemampuannya untuk mempertahankan hidup akan kian tinggi.
semoga bermanfaat ya,, jika anda mau menanam juga di dalam pot anda bisa dapatkan bibit durian musangking di toko kami jual bibit durian musangking

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *