Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Model Deep Water Culture

Cara Menanam Bawang Merah Hidroponik Model Deep Water Culture

Urbanina.com – Jika Anda bertanya apakah kita bisa menanam bumbu dapur yang berupa umbi dengan sistem hidroponik? Jawaban ya. Seperti halnya sayuran berdaun hijau bumbu dapur seperti bawang merah dapat ditanam dengan sistem hidroponik dan dengan beberapa model berbeda. Meskipun penanaman dan perawatan bawang merah dengan sistem tanam hidroponik cukup rumit tetapi jika dipraktekan dengan benar Anda dapat memperoleh umbi bawang merah yang berkualitas baik sehingga Anda tidak perlu khawatir jika harga bawang mengalami kenaikan karena anda bisa menanamnya sendiri di rumah dengan lahan yang tidak terlalu luas atau di dalam rumah sekalipun. ┬áBerikut ini adalah cara menanam bawang merah ┬ádengan cara sederhana menggunakan metode deepwater culture.

menanam bawang merah

Alat dan bahan yang diperlukan

  • Wadah air dan nutrisi dapat berupa baskom plastik atau Baki plastik dengan ukuran tertentu.
  • Wadah media tanam berupa netpot ataupun gelas plastik bekas air mineral yang telah dilubangi sebelumnya di bagian samping dan bawah.
  • Media tanam dapat berupa arang sekam atau cocopeat yang dicampur dengan perbandingan 1 :
  • Bibit bawang merah yang dipilih dari bawang merah yang telah mengering dan berukuran cukup besar Jika perlu ambil bibit yang telah memiliki tunas.
  • Nutrisi AB mix yakni nutrisi khusus digunakan untuk menanam tanaman dengan metode hidroponik. Nutrisi ini biasanya terdiri dari nutrisi larutan A dan larutan B yang dicampur dengan takaran tertentu.
  • pH meter untuk mengukur kadar pH dalam air serta TDS meter untuk mengukur kadar nutrisi yang terlarut dalam air.

Langkah-langkah Menanam Bawang Merah Dengan Metode Deep Water Culture

  1. Tahap pertama dalam penanaman bawang merah adalah menyiapkan segala alat dan bahan yang diperlukan. Wadah tandon air atau penampung air harus dapat menampung air dengan baik dan sterofom yang digunakan untuk meletakkan media tanam telah dilubangi sebelumnya sesuai ukuran netpot yang digunakan
  2. Tahap kedua, setelah persiapan media tanam yang akan digunakan untuk menanam bawang merah secara hidroponik. Media tanam yang digunakan sebaiknya berupa arang sekam yang dicampur dengan cocopeat dengan perbandingan yang sama yakni 1:1
  3. Setelah semua alat dan bahan telah siap Maka tahap selanjutnya adalah memilih bibit yang akan digunakan untuk menanam bawang merah secara hidroponik. Bibit diambil dari bawang merah yang telah tua kering dengan tekstur yang padat dan sebaiknya pilih bibit yang sudah muncul tunas calon akar.
  4. Setelah bibit diperoleh maka Tahap selanjutnya adalah menanam bibit dalam media hidroponik yang telah disiapkan. Sebelum dimasukkan ke media tanam maka media terlebih dahulu harus dibasahi karena sekam yang kering biasanya akan sulit dilubangi dan dimasukkan Selain itu bibit bawang merah juga tidak dapat tumbuh pada lingkungan yang terlalu kering.
  5. Setelah dimasukkan ke dalam netpot yang telah dibasahi maka biarkan bibit tumbuh di tempat yang teduh selama tiga hari hingga muncul tunas akar dari bibit bawang merah yang cukup panjang. Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya bibit bawang merah tidak langsung diberi nutrisi karena hal tersebut dapat menghambat pertumbuhan bawang merah. Oleh sebab itu biarkan bibit bawang merah tumbuh selama beberapa hari maksimal 5 hari sebelum diberi larutan nutrisi.
  6. Setelah bibit bawang merah memiliki tunas yang cukup panjang maka tahap selanjutnya adalah meletakkan media tanam net pot yang telah berisi bibit bawang merah pada perangkat hidroponik yakni wadah atau tenun yang telah diisi dengan air dan nutrisi dan pada bagian atasnya telah diletakkan sterofom yang sudah dilubangi sebelumnya. Biarkan bagian bawah netpot menyentuh air namun jangan sampai akar dan bagian bawah netpot terendam seluruhnya.
  7. Tahap terakhir dari penanaman bawang merah dengan metode hidroponik adalah perawatan dan pemanenan. Perhatikan pertumbuhan bawang merah dan usahakan selalu cek pH dan nutrisi pada tandon atau wadah penampung air. pH optimal untuk menanam bawang merah adalah 5,5 dan pH tersebut harus tetap dijaga selama masa penanaman. Jika tidak ada kendala berarti maka tanaman bawang merah dapat dipanen setelah 2 hingga 2,5 bulan.

 

Cukup mudah bukan Anda dapat mempraktekannya sendiri dirumah dan memanen hasilnya. Selamat mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *