Cara Memupuk Durian yang Baik dan Benar

Urbanina.com – Pemupukan merupakan hal yang penting sekali menilik tanaman durian yang baru ditanam amat memerlukan nutrisi untuk pertumbuhan daun, batang maupun akar, batang maupun daun. Untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman durian yang baik tentunya Anda perlu memberikan perlakuan pada tanaman itu. Salah satu diantaranya adalah melakukan pemupukan dasar dan berkala. Namun belum semua orang mengetahui cara memupuk durian yang baik dan benar?

Dalam pemberian pupuk itu ada berbagai jenis pupuk yang dapat Anda gunakan. Pupuk pupuk yang dapat dipakai untuk memupuk tanaman durian diantaranya pupuk NPK, pupuk hijau (bokashi), pupuk kompos dan pupuk kandang.

Cara Memupuk Durian yang Baik dan Benar

Berikut cara memupuk durian yang baik dan benar sesuai dosisnya.

  1. Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar bisa menstimulir pertumbuhan tanaman durian dalam fase vegetatif di awal tanaman baru saja ditanam.  Pupuk yang dipergunakan untuk pemberian pupuk pertama pada tanaman durian dapat dengan menggunakan pupuk hijau (bokhasi), pupuk kompos, atau pupuk kandang dengan dosis kira-kira 30-40 kg.

Cara memupuknya ialah sebelum bibit tanaman durian ditanam, terlebih dulu Anda menggali tanah pada kedalaman kira-kira 50 cm. Setelah itu pupuk organik dimasukkan ke dalam lubang itu. Lalu tanamkanlah bibit tanaman durian di lubang yang sudah diisi pupuk organik. Kemudian tutuplah dengan tanah.

  1. Pemberian Pupuk NPK

Pupuk kimia perlu diberikan guna memacu rangsangan dari dalam tanaman tersebut. Salah satu pupuk yang dianjurkan yakni pupuk NPK, baik NPK biasa atau NPK Mutiara. Pemberian pupuk jenis NPK sebaiknya dilakukan pada tiap-tiap 3 hingga 4 bulan sekali.

Cara memupuk durian yang barusan ditanam dengan NPK ialah dengan terlebih dulu menggali tanah berupa parit yang mengelilingi tanaman durian pada kedalaman berkisar 20 hingga 30 cm di bagian tajuk pohon atau pada daun paling jauh.

Pemupukan NPK Mutiara diberikan sebanyak 200 gram setiap tanaman dengan disebarkan secara merata di setiap parit yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu ditimbun kembali pupuk NPK itu dan diulangi secara berkala tiap-tiap 3 – 4 bulan sekali.

  1. Pemberian Pupuk Organik

Setelah umur tanaman durian mencapai 1 tahun diberikan lagi pupuk organik dengan proporsi sebanyak 50-100 kg/tanaman. Pemupukan diulangi kembali tiap-tiap 1 tahun sekali untuk memelihara kesuburan tanah di sekitar tanaman durian itu. Waktu pemupukan sebaiknya dilakukan pada awal musim kemarau atau penghujung musim hujan. Cara memupuk durian dengan pupuk organik tidak jauh berbeda dengan memupuk pakai pupuk NPK yakni membuat parit-parit dan kembali ditimbun.

  1. Tambahan Pemberian Takaran Pupuk

Saat umur tanaman durian telah mencapai 3 tahun, pemberian pupuk perlu dilakukan lagi khususnya pupuk NPK sebanyak 25-30 prosen dari pemberian pupuk sebelumnya sebab keperluan tanaman durian terhadap unsur hara kian banyak.

Demikianlah tulisan mengenai cara memupuk durian yang baik dan benar agar hasilnya maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *