Cara Memilih Bibit Tanaman Durian Pelangi

Cara Memilih Bibit Tanaman Durian Pelangi

Urbanina.com – Secara umum durian mempunyai warna daging buah kuning pucat. Namun dengan kemajuan teknologi di bidang budidaya tanaman buah-buahan maka Anda tidak cuma menemukan buah durian yang memiliki warna kuning pucat saja tetapi dengan beragam jenis warna seperti yang diperlihatkan dari daging buah pada durian pelangi. Warna buah yang dihasilkan dari buah durian pelangi ini seperti warna coklat tua, kuning muda, dan merah yang menciptakan nuansa hingga amat terlihat cantik untuk setiap mata yang memandangnya. Lalu bagaimana cara memilih bibit tanaman durian pelangi untuk budidaya?

Untuk Anda yang tertarik menanam durian pelangi ini maka Anda tidak usah mengadakan pembibitan tanaman durian pelangi karena sekarang sangat banyak bibit buah durian pelangi instan yang sudah siap ditanam. Bibit durian pelangi ini amat mudah untuk diperoleh sebab dengan kemajuan jejaring sosial di jaringan internet kaum penjual bibit buah pelangi ini banyak sekali jumlahnya di pasar online.

Cara Memilih Bibit Tanaman Durian Pelangi []

Rasanya yang enak dan warnanya yang menggoda dari daging buah durian pelangi menjadi daya tarik tersendiri. Tidak sedikit orang yang memburunya walau harganya relatif mahal, bisa mencapai Rp 250.000 setiap buahnya. Durian pelangi mengandung vitamin yang berguna untuk tubuh. Durian ini memiliki kandungan betakarotin yang ditunjukkan dengan warna kuningnya dan antosianin yang ditandai dengan adanya warna merahnya. Malahan ada asumsi kalau teratur mengonsumsi durian ini bisa memperpanjang usia.

Tanaman durian pelangi dapat mencapai tinggi hingga 25 meter dengan usia maksimalnya 100-150 tahun. Durian pelangi adalah hasil persilangan dari 3 varietas tanaman durian sekaligus yakni durian putih (zibethinus), durian merah (graveolens), dan durian kuning (fotogenesis). Disamping warnanya yang menawan, buah ini pun sanggup bertahan 6-7 hari sesudah jatuh dari pohonnya.

Bagi Anda yang mau mengawali usaha budidaya tanaman durian pelangi mempergunakan bibit dari tanaman durian pelangi instan maka Anda tidak usah cemas akan menemukan kesulitan dalam mendapatkan penjual bibit tanaman buah durian itu. Maka dari itu, Anda juga mesti mempersiapkan pengetahuan tentang cara memilih bibit tanaman durian pelangi sehingga Anda bisa mencegah mendapatkan bibit yang memiliki kualitas rendah.

Hal yang penting diperhatikan dalam menentukan bibit tanaman durian pelangi yang unggul diantaranya tidak terserang hama dan penyakit, tidak kisut, tidak terlalu muda, bibit buahnya segar dan sudah tua, dan asli dari induk tanaman buah duriannya. Mencermati bentuk fisik bibit tanaman perlu sekali diperhatikan sebab hal itu amat membantu keberhasilan dalam melakukan budidaya tanaman durian.

Pemilihan bibit tanaman perlu dilakukan dengan teliti dan cermat untuk mendapatkan hasil yang optimal. Budidaya tanaman durian pelangi memang gampang-gampang susah untuk dilakukan hingga pengertian yang penting dilakukan pada pikiran Anda bukan hanya cara memilih bibit tanaman durian pelangi saja tetapi mulai dari penyediaan lahan, proses penanaman dan pemeliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *