Cara Memilih Benih Buah Pepaya California yang Baik

Urbanina.com – Memilih benih buah pepaya california merupakan hal yang gampang dilakukan bila Anda mengenali caranya. Memilih benih paling baik dalam budidaya tanaman merupakan hal yang harus dilakukan bila ingin memperoleh hasil panen yang melimpah dan bermutu. Sama halnya bila Anda ingin bertanam buah pepaya california ini. Lalu, bagaimana cara memilih benih buah pepaya california yang benar?

Buah pepaya california (calina) merupakan buah pepaya yang mempunyai keistimewaan tersendiri diantara buah pepaya lainnya. Salah satu keistimewaan buah pepaya california ini yakni bisa menghasilkan buah pada ketinggian kira-kira 1 meter. Rasa buahnya amat manis dan tidak berbeda jauh dengan rasa buah pepaya yang lainnya. Tetapi walaupun begitu, untuk harga produksinya jauh lebih mahal ketimbang pepaya lainnya.

Cara Memilih Benih Buah Pepaya California yang Baik [ ]

Untuk melakukan budidaya buah pepaya california ini tentunya Anda mesti mempunyai dulu bibit atau benihnya. Dalam memilih benih yang terbaik terkadang para petani bingung untuk memutuskannya. Maksud benih yang baik yaitu benih tersebut memiliki kualitas dan memproduksi buah yang baik, sedang benih yang jelek ialah benih yang tidak bisa mengeluarkan buah yang paling baik dan tidak bisa tumbuh dengan optimal.

Berikut ini urbanina paparkan cara memilih benih buah pepaya california yang baik agar hasil panennya juga baik.

Walaupun namanya California, buah pepaya ini bukan berasal dari California, sebuah negara bagian di Amerika Serikat. Pepaya ini merupakan hasil dari inovasi seorang ilmuwan kita dari IPB (Institut Pertanian Bogor) yakni Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS yang sudah sukses mengembangkan sebuah varietas baru buah pepaya yang dinamai Calina IPB9. Kini orang-orang lebih mengenalnya sebagai Pepaya California, pepaya lokal yang namanya sudah mendunia dan berguna untuk masyarakat.

Adapun cara memilih benih buah pepaya california yang baik adalah sebagai berikut:

  1. Bila Anda ingin langsung memilih benih pepaya yang asalnya dari pokok induknya sebaiknya pilih bemih (biji) yang sudah matang sempurna di pohonnya. Lalu dipilih cuma bagian tengahnya saja atau sepertiga bagian dari buah pepaya tersebut. Alhasil buah pepaya itu dipotong menjadi tiga bagian, dan bagian tengahnya diambil bijinya untuk nanti dijadikan sebagai benih.
  2. Apabila Anda ingin memilih benih buah pepaya california-nya dari sebuah toko sebaiknya Anda mesti cermat saat memilihnya. Pasalnya terkadang tanggal kadaluarsa pada kemasannya telah habis. Disamping itu Anda pun mesti memperhatikan label dan sertifikat yang tertera pada bungkus benih buah pepaya itu.
  3. Bila Anda ingin membeli benih buah pepaya california-nya secara online sebaiknya Anda mesti berhati-hati, belilah dari toko online yang sudah ternama dan terpercaya seperti urbanina.

Demikianlah cara memilih benih buah pepaya california telah urbanina sampaikan. Mudah-mudahan tulisan ini berguna dan meningkatkan wawasan pengetahuan Anda. Oya, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *