Cara Membuat Sendiri Benih Pepaya California Berkualitas

Urbanina.com – Pemilihan benih pepaya yang memiliki kualitas adalah salah satu syarat utama yang mesti diperhatikan untuk Anda yang hendak menjadi petani pepaya yang sukses. Benih pepaya yang punya kualitas akan memproduksi buah pepaya yang punya kualitas dan keamanannya terjamin. Disamping mendapatkannya dari toko sarana pertanian, pemasok benih, atau sesama petani, benih pepaya pun bisa didapat dengan membuat benih sendiri. Namun, bagaimanakah cara membuat sendiri benih pepaya california berkualitas?

Guna memperoleh benih pepaya california yang punya kualitas bisa dilakukan penyerbukan buatan dengan cara mengadakan kawin silang terpilih. Pastikanlah persilangan tanaman induk dilakukan diantara tanaman yang memiliki bunga sempurna dengan tanaman yang mempunyai bunga sempurna juga supaya tanaman yang dihasilkan memiliki bunga sempurna atau elongata. Hasil dari kawin silang terpilih ini peluang keberhasilannya mencapai 2/3 dari keseluruhan biji yang dikecambahkan. Seperti apa cara membuat sendiri benih pepaya california berkualitas tersebut?

Cara Membuat Sendiri Benih Pepaya California Berkualitas

Nah, kali ini urbanina akan membagikan proses cara membuat sendiri benih pepaya california berkualitas yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.

  • Pilihlah pohon pepaya california yang sudah mengeluarkan bunga secara terus-menerus. Pilihlah yang bunganya tersebut elongata dan nyaris dalam keadaan mekar.
  • Bungkuslah bunga tersebut dengan mempergunakan kantong plastik supaya tidak secara alami diserbuki oleh bunga yang lainnya.
  • Ketika bunga sedang mekar, lakukanlah penyerbukan buatan dengan bunga jantan terpilih. Caranya yaitu dengan memoles putar pada bagian atasnya. Dengan dilakukannya penyerbukan buatan ini diharapkan akan menghasilkan keturunan yang elongata dengan proporsi 1:2. Bunga elongata tersebut yang sudah diserbuki oleh bunga jantan nantinya akan menghasilkan benih sempurna (hermaprodit), betina, dan jantan dalam jumlah yang seimbang (sama).
  • Buah hasil dari persilangan tersebut dipetik sesudah matang sempurna.
  • Selanjutnya setelah buah hasil persilangan dipetik maka buah tersebut dipotong 1/3 bagian pada pangkal buahnya. Nah, biji yang 2/3 bagian buah hingga ke ujungnya layak dipakai untuk dijadikan sebagai benih pepaya california berkualitas.
  • Belahlah kedua buah pepaya itu dengan cara melintang, biji-bijinya dikeluarkan, kemudian selaput yang menyelimuti biji dicuci sampai benar-benar bersih.
  • Setelah itu biji tersebut dikering-anginkan di lokasi atau tempat yang teduh, terlindung dari paparan langsung sinar matahari.

Disamping dengan cara membuat sendiri benih pepaya california berkualitas di atas, selaput biji dari buah pepaya california tersebut juga bisa dibersihkan dengan cara difermentasi. Adapun caranya adalah dengan membiarkan biji pepaya begitu saja selama 2-3 hari. Kemudian biji pepaya tersebut dicuci dengan air yang mengalir supaya kondisinya bersih dari selaput pembungkusnya. Sesudah benar-benar bersih maka biji-biji tersebut dikering-anginkan supaya pertumbuhan biji-bijinya cepat dan sama (seragam) ukurannya.

Demikianlah cara membuat sendiri benih pepaya california berkualitas secara runut dan mudah-mudahan Anda dapat memahaminya dengan baik. Benih pepaya california berkualitas yang Anda hasilkan tersebut dapat dipergunakan untuk kepentingan Anda menanam atau bisa juga dijual untuk memenuhi permintaan para pembudidaya atau petani pepaya lainnya.

Jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *