Cara Membuat Bibit Durian Bawor Sendiri

Cara Membuat Bibit Durian Bawor Sendiri

Urbanina.com – Cara membuat bibit durian bawor cukuplah mudah. Durian bawor barangkali belum setenar durian montong. Tetapi bila Anda amat menggemari buah durian, bisa jadi Anda mesti mengenal durian bawor. Pasalnya durian jenis ini baru mulai beredar pada tahun 1996. Durian bawor adalah jenis durian asli dari Indonesia yang dikembangkan oleh masyarakat Banyumas. Durian ini digadang-gadang sebagai rival berat durian montong, malah ada pula yang mengatakan kalau durian bawor jauh lebih punya kualitas ketimbang durian montong. Tetapi bibit durian bawor masih terbilang relatif mahal. Alhasil tidak sedikit orang ingin membuat bibit sendiri, namun bagaimana cara membuat bibit durian bawor ini?

Besarnya minat orang yang mulai penasaran akan nikmatnya menyantap durian bawor menyebabkan orang-orang ingin jadi petani atau pembudidaya durian bawor. Sebab harga bibitnya yang masih termasuk mahal sehingga orang-orang mencari tahu cara membuat bibit durian bawor untuk memproduksinya sendiri di rumah.

Cara Membuat Bibit Durian Bawor

Sosok durian bawor tidak tinggi, malah buahnya dapat hampir menyentuh tanah. Buah durian bawor amat besar dan daging buahnya juga sangatlah tebal dengan bijinya yang amat kecil. Adanya beberapa kelebihan itu membuat orang-orang penasaran untuk mengetahui cara membuat bibit durian bawor.

Cara Membuat Bibit Durian Bawor

Berikut ini merupakan cara membuat bibit durian bawor yang dapat Anda praktekkan sendiri. Tentunya Anda memerlukan buah durian bawor untuk diambil bijinya dan dijadikan bibit.

  1. Siapkan buah durian bawor yang telah matang dan tanpa cacat/kerusakan pada buah durian bawor itu.
  2. Pilihlah biji durian yang dinilai paling baik dari yang ada pada buah durian bawor tersebut.
  3. Siapkan polybag/pot, tanah, dan pupuk kompos dengan proporsi 1:1.
  4. Biji durian bawor tadi semai pada polybag lantas disiram dengan air yang mengandung larutan ZPT organik dan Trichoderma.
  5. Biarkan biji durian tersebut tumbuh jadi bibit kira-kira selama 20 hari.
  6. Potonglah bagian atas bibit dan belahlah dengan lurus sekali saja bagian tengah batang sedalam 2 cm ketika bibit telah tumbuh.
  7. Sediakan pucuk dari dahan tanaman durian bawor yang telah pernah menghasilkan buah, pilihlah pucuk dahan yang terbaik dan daunnya sempurna.
  8. Runcingkan bawah pucuk dahan dengan alat pemotong/cutter dan dibuat supaya pas dengan bagian bibit yang telah dibelah bagian tengahnya tadi.
  9. Daun dari pucuk dahan tanaman dibuang lalu pasangkanlah bagian yang diruncingkan tadi dengan batang yang telah dibelah. Kemudian diikat menggunakan tali plastik.
  10. Ikatan tersebut dibalut dengan plastik sampai letak penyambungannya tertutupi dengan rapat.
  11. Bibit dimasukkan sebatas tempat penyambungan bersama plastik dan diikat sampai rapat supaya tidak mengalami penguapan pada sambungannya.
  12. Bibit diletakkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung/teduh.
  13. Bibit disiram tiap-tiap sore sampai bibit berumur 3 minggu dan pastikanlah bibit tersebut tidak mati ataupun membusuk.
  14. Bila Anda berhasil selanjutnya bibit tersebut disiram 2 minggu sekali menggunakan larutan yang sama, yakni ZPT organik dan Trichoderma.
  15. Saat berumur 3 bulan bibit pun telah dapat dipergunakan untuk ditanam di lahan permanen.

Demikianlah beberapa langkah dari cara membuat bibit durian bawor untuk kebutuhan Anda menanam durian bawor. Selamat mencoba dan mudah-mudahan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *