Cara Memasak Sayuran Tanpa Minyak, Namun Tetap Lezat

Cara Memasak Sayuran Tanpa Minyak, Namun Tetap Lezat

Sayuran merupakan makanan yang amat kaya dengan kandungan gizi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti serat, mineral, dan vitamin. Maka dari itu sayuran merupakan salah satu menu wajib untuk makanan sehat setiap hari. Namun tunggu dulu, tidak boleh merasa telah makan sehat waktu telah makan sayur. Perlu Anda ketahui cara memasak sayuran tanpa minyak karena penggunaan minyak yang berlebih bisa mengundang berbagai macam penyakit.

Minyak goreng yang sering Anda gunakan untuk memasak sayuran memang dapat membuatnya menjadi renyah dan gurih. Tapi tahukah Anda kalau terlalu banyak dan terlalu sering mengonsumsi masakan yang digoreng dengan minyak akan mengakibatkan kolesterol tinggi. Anda tentunya tak ingin bukan mengidap penyakit kolesterol yang menyebabkan Anda tak dapat bebas mengonsumsi makanan-makanan enak. Bila Anda ingin menjauhi masakan sayuran yang mengandung minyak mulailah merubah cara memasaknya dengan cara memasak sayuran tanpa minyak.

Cara Memasak Sayuran Tanpa Minyak

Berikut ini cara memasak sayuran tanpa minyak tetapi kandungan gizinya tetap terpelihara dan dapat berguna maksimal untuk tubuh.

Ditumis

Cara memasak ini adalah cara yang sangat cepat, praktis, dan mudah untuk memasak sayuran. Anda pun cuma membutuhkan sedikit minyak untuk menumisnya, tetapi tidak boleh terlalu lama  menumis sayuran supaya kandungan gizinya tetap baik.

Dikukus

Mengukus merupakan cara memasak sayuran yang lebih baik ketimbang merebus. Bila sayuran direbus di dalam air yang mendidih maka suhu tinggi itu akan mengikat vitamin dan seluruh manfaat nutrisi di dalamnya. Sementara itu bila dikukus, sayuran tak menjalani kontak langsung bersama air panas. Cara ini bisa melindungi gizi dan mematangkan sayuran dalam tempo sebentar. Disamping itu, mengukus sayuran pun tak usah memakai minyak, jadi cocok bagi Anda yang tengah melakukan diet untuk memelihara asupan kalori.

Dipanggang

Memanggang tak cuma membantu melindungi kandungan gizi seperti mineral dan vitamin, namun mempertahankan rasa alaminya. Memanggang sayuran pun akan menghasilkan tekstur sayur yang masih renyah rasanya dan rasa manis alami yang dihasilkan dari reaksi karamelisasi waktu dipanggang.

Ingat, berikanlah sedikit minyak zaitun supaya sayuran tidak lengket. Jauhi minyak goreng yang memiliki banyak kandungan lemak trans. Tomat, bawang, atau kentang merupakan jenis sayuran yang bagus untuk diolah menggunakan metode dipanggang. Disamping itu janganlah mengupas kulit sayuran karena kulit sayuran itu akan mempertahankan sebagian besar nilai gizi di dalam sayur.

Dijadikan Salad

Cara sehat yang disarankan ialah mengkonsumsi sayuran segar tidak dengan dimasak sebab kandungan enzim, serat, mineral, dan vitamin di dalam sayuran tak akan hilang. Terlebih pola makan raw food (makanan mentah) cukup popular akhir-akhir ini. Misalnya dengan mengolah sayuran yang dibuat menjadi salad.

Tetapi kadang-kadang mencuci sayuran sampai bersih juga tidak cukup membunuh kuman dan  bakteri di dalam sayuran hingga dapat membuat sayuran itu jadi berbahaya ketika dikonsumsi. Tidak seluruh sayuran dapat dimakan mentah. Alhasil tidak ada cara lain yang paling aman kecuali memasak. Dengan mengolah sayuran menggunakan cara yang tepat akan memaksimalkan kandungan gizinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *