Cara Budidaya Tabulampot Mangga Yuwen

Urbanina.com - Buah mangga tentu saja merupakan salah satu buah tropis yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Daging buahnya terasa lembut dengan warnanya yang kuning menarik plus harum. Selama ini di Indonesia tumbuh demikian banyak jenis mangga, seperti manalagi, gedong gincu, harum manis dan lain-lain. Tetapi semua jenis mangga tersebut mempunyai persamaan yakni warna kulitnya hijau dengan daging buahnya memiliki warna kuning. Akan tetapi belakangan ini terdapat jenis buah mangga yang mempunyai warna berbeda dari berbagai jenis buah mangga tadi yaitu mangga Yuwen dan bisa ditanam secara tabulampot. Namun bagaimana cara budidaya tabulampot mangga yuwen ini? Buah mangga yuwen mempunyai ukuran yang lumayan besar dengan kulitnya berwarna merah cantik bersemburat kuning. Daging buah mangga ini berwarna kuning, tetapi rasanya manis sekali, pulen, dan lezat. Salah satu keistimewaan mangga yuwen yang bisa jadi tidak dimiliki oleh mangga yang lainnya ialah bijinya yang tipis sekali sehingga ditanggung Anda akan puas bila mengkonsumsi buah mangga yuwen. Dengan beberapa keunggulannya tersebut mangga yuwen dibanderol dengan harga hingga Rp 100.000 tiap buahnya. Saat ini masih sedikit orang yang menanam mangga yuwen. Padahal jika kita lihat dari keunggulan buahnya serta mahalnya harga jual yang malah tidak dihitung perkilogram tetapi dihitung per buah, pasti budidaya mangga yuwen dalam pot merupakan salah sebuah hal yang memberi keuntungan. Tetapi belum semua orang tahu cara budidaya tabulampot mangga yuwen? Cara Budidaya Tabulampot Mangga Yuwen Cara budidaya tabulampot mangga yuwen tidak mesti dilakukan pada lahan yang luas. Anda dapat pula menanam tanaman mangga yuwen ini di dalam pot. Hal inipun dapat diaplikasikan untuk Anda yang berdiam di perumahan dan tidak mempunyai lahan tanam yang begitu luas maka dapat menanamnya di dalam pot. Berikut cara budidaya tabulampot mangga yuwen di halaman rumah Anda. Bahan dan Alat Beberapa bahan dan alat yang harus Anda persiapkan diantaranya yaitu:
  • Bibit tanaman mangga yuwen
  • Pot yang memiliki diameter berukuran paling sedikit 60 cm
  • Pecahan bata atau genting
  • Tanah yang mengandung humus
  • Pupuk kandang/kompos
  • Arang sekam
Cara Budidaya Tabulampot Mangga Yuwen Berikut cara budidaya tabulampot mangga yuwen secara langkah demi langkah:
  • Siapkanlah bibit tanaman mangga yuwen yang akan ditanam nanti. Pastikanlah bibit tanaman yang akan dipergunakan nanti tengah dalam keadaan sehat, tidak terdapat bagian bibit tanaman yang terserang hama, virus ataupun penyakit.
  • Susun dan atur potongan genting atau bata dan ijuk di dasar pot yang akan dipergunakan.
  • Sediakan media tanam berupa cmpuran pupuk kandang, arang sekam, dan tanah dengan proporsi 1:1:2.
  • Sebagian media tanam dimasukkan sampai setengah dari isi pot yang digunakan. Lalu bibit tanaman mangga yuwen diletakkan tepat di tengah-tengah. Kemudian media tanam ditambahkan kembali sampai kira-kira 2 cm dari tepian pot.
  • Media tanam disirami dengan air secukupnya sampai media tanam terlihat lembab.
  • Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kimia, pupuk kandang, dan pupuk kompos.
  • Perhatikan penyinaran cahaya matahari dan sesuaikan dengan kebutuhan tanaman.
  • Dalam jangka waktu 2 tahunan setelah bibit ditanam, mangga yuwen akan mulai mengeluarkan bunga dan buah. Pada panen perdana akan didapat kira-kira 60 buah per tanaman.
Oya, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *