Cara Budidaya Tabulampot Jeruk Nipis

Cara Budidaya Tabulampot Jeruk Nipis

Urbanina.com – Bibit tanaman jeruk nipis di pasar tergolong yang paling dicari banyak orang. Meski cuma ditanam di dalam pot (tabulampot), tapi tanaman ini bisa tumbuh subur. Apabila ada jeruk manis, tentu saja ada pula jeruk asam. Lain halnya dengan jeruk manis, jeruk asam ini cuma diambil sarinya untuk dijadikan minuman segar atau kebutuhan campuran kuah soto, sayur, dan bumbu siomay. Adapun jenis-jenis jeruk yang termasuk jeruk asam antara lain jeruk limo, jeruk purut, jeruk sunkis, dan jeruk nipis. Lalu bagaimana cara budidaya tabulampot jeruk nipis jika kita ingin menanamnya di halaman rumah?

cara budidaya tabulampot jeruk nipis

Apabila Anda tertarik ingin menanamnya sendiri di pekarangan rumah, alangkah baiknya Anda terlebih dulu mengetahui cara budidaya tabulampot jeruk nipis yang akan kita ulas kali ini. Berikut ini akan dijabarkan secara mudah cara budidaya tabulampot jeruk nipis.

Memilih Bibit

Pilih bibit jeruk nipis dari hasil okulasi agar pertumbuhan lebih pesat dan berbuahnya lebih cepat. Bibit bisa didapat penjual bibit keliling atau penangkar tanaman.

Memindahkan Bibit

  • Siapkan pot dengan diameter 20-40 cm untuk bibit yang ukurannya kecil dan pot dengan diameter 50-60 cm untuk bibit yang rukurannya
  • Pecahan batu bata merah atau genteng dimasukkan kedalam dasar pot lalu bagian atasnya dilapisi dengan humus.
  • Masukkanlah media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 sampai di ketinggian setengah dari tingginya
  • Media tanam bibit disiram sampai Sambil ditepuk-tepuk bagian dasarnya posisi polybag dibalikkan supaya bibit keluar bersama-sama media tanam dan akar-akarnya.
  • Daun, ranting dan cabang yang dianggap tidak perlu sebaiknya dipangkas saja untuk mengurangi terjadinya
  • Bibit secara tegak diletakkan di tengah-tengah pot lalu timbun sampai ketinggiannnya kira-kira 2 cm dari pot dengan sisa media tanam.
  • Siramilah media tanam sampai
  • Letakkan Tabulampot jeruk nipis diletakkan di tempat terbuka. Letakkan tabulampot secara teratur dan berjajar dengan jarak 2×2 mtr bila mempunyai lebih dari 1

Penyiraman

Siramilah media tanam di sekitaran batang 2-3 hari sekali. Usahakan agar tidak mengenai batang pohon saat menyiraminya.

Pemupukan

Saat pohon berumur lebih dari 5 bulan mulai dilakukan pemupukan, lakukan setiap 3-4 bulan sekali dengan pupuk TSP, KCl, dan Urea dengan perbandingan 1:2:2. Campuran pupuk tersebut sebanyak 2 sdm ditaburkan di sekitar pot sedalam 10 cm.

Berikanlah pupuk NPK 15–15–15 sebanyak 1 sdm per pohon bila tanaman sudah mulai berbunga. Pupuk dilarutkan terlebih dulu dalam 1 liter air sebelum diberikan.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan pada sebagian ranting atau cabang yang menjulur ke atas agar lebih cepat berbuah.

Penggantian Media

Lakukan penggantian media tanam 2 tahun sekali untuk menjaga kebutuhan nutrisi tanaman dengan komposisi sepertiga bagian memakai media tanam awal dan sisanya diisi oleh media baru.

Mempercepat Pembungaan

Melakukan stresing air selama 4-6 minggu dengan cara selama 7 hari tanaman tidak disiram lalu selama 3 hari disiram sedikit demi sedikit kemudian selama 1 minggu dikeringkan lagi.

Seleksi Buah

Lakukan seleksi terhadap buah yang tumbuhnya saling berdekatan. Sisakan 1-3 buah saja dalam satu tangkai saat buah masih sebesar kelereng ukurannya.

Demikian cara budidaya tabulampot jeruk nipis sudah tersajikan buat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *