Cara Budidaya Sawo Dalam Pot (Tabulampot Sawo)

Cara Budidaya Sawo Dalam Pot (Tabulampot Sawo)

Urbanina.com – Sawo adalah tanaman buah tropis yang berbuah tebal, berkulit tipis, dan memiliki rasa manis. Sawo dapat langsung dikonsumsi sebagai bahan makan olahan seperti cuka, anggur, sirup, selai,  dan es krim atau buah segar. Tanaman ini akan hidup subur di wilayah yang memiliki iklim basah hingga kering. Saat ini pohon atau tanaman sawo dapat ditanam di dalam pot. Bagaimanakah sebenarnya cara budidaya sawo dalam pot agar berbuah lebat dan manis?

Pemeliharaan tanaman sawo itu mudah dan dapat dilakukan walau tanpa memiliki keahlian bertanam yang mahir. Sawo adalah tanaman yang dapat digunakan kayunya. Jenis kayu yang dihasilkannya memiliki mutu yang tidak kalah kualitasnya dengan jenis kayu yang lain. Jika ditilik dari kelebihannya itu tak ada salahnya bila Anda menanamnya di halaman rumah dengan cara budidaya sawo dalam pot berbuah lebat dan manis.

Cara Budidaya Sawo Dalam Pot Berbuah Lebat dan Manis [ ]

Berikut ini cara budidaya sawo dalam pot supaya rajin menghasilkan buah dengan rasanya yang manis.

Pemilihan Benih

  • Pilihlah benih sawo dari hasil cangkokan supaya rajin memproduksi buah dan mudah menghasilkan buah sebab bila dipilih benih yang berasal dari biji maka Anda akan menunggu cukup lama hingga sawo berbuah.

Menentukan Pot dan Media Tanam

  • Pilih pot yang baik berukuran 50-60 cm.
  • Pilih pot yang pada bagian bawahnya ada kaki-kaki pot, lalu diberi beberapa lubang dengan diameter berukuran 1 cm di bagian alas pot tersebut supaya saluran air bisa mengalir tanpa hambatan (lancar).
  • Siapkanlah media tanam berupa campuran pecahan genting (batu bata) berukuran kecil-kecil, tanah liat, pupuk kandang yang telah matang, dan pupuk kompos.

Penanaman Bibit pada Pot

Sesudah Anda mendapatkan bibit maka langkah berikutnya adalah menanam bibit itu dalam pot dengan cara:

  • Pecahan batu bata, genting dimasukkan ke bagian dasar pot hingga 1/3 dalamnya pot.
  • Tanah liat dimasukkan hingga 1/2 bagian pot, lalu bibit dimasukkan dan ditimbun dengan campuran tanah dan pupuk kompos yang telah matang/pupuk kandang. 

Perawatan

  • Berikanlah pupuk NPK secara bergantian sebelum musim penghujan tiba. Lalu tanaman dibiarkan tanpa penyiraman selama 10 hari, yang terpenting sawo masih tetap hidup.
  • Lakukanlah penyiraman sedikit demi sedikit sebanyak 5 hari sekali.
  • Selanjutnya tanaman kembali dikeringkan tanpa penyiraman selama 10 hari. Hal ini umumnya akan mendorong sawo dalam pot cepat keluar tunas dan bunga.
  • Pangkal batang tanaman sawo diikat dengan memakai tali rafia atau plastik. Boleh juga mempergunakan kawat supaya air dan unsur hara berlebihan yang masuk ke dalam batang tanaman bisa dibatasi.
  • Berikanlah zat perangsang supaya mudah berbuah.
  • Lakukan pemotongan pada akar sawo. Akar sawo dipotong hingga tersisa 4 akar besar supaya tanaman sawo menghasilkan buah lebat dan mempunyai rasa manis, namun dengan teknik atau cara ini dibutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk tanaman sawo bisa kembali tumbuh subur.

Demikian cara budidaya sawo dalam pot berbuah lebat dan manis serta jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *