Cara Budidaya Pepaya Calina Yang Menguntungkan

Cara Budidaya Pepaya Calina Yang Menguntungkan

Urbanina.com – Pepaya atau dalam bahasa ilmiah dikenal dengan nama Carica papaya  adalah tanaman yang berasal dari bagian selatan Meksiko dan bagian utara Amerika Selatan. Saat ini menyebar luas dan banyak dibudidayakan di seluruh daerah tropis untuk dimanfaatkan buahnya karena kaya akan vitamin. Pepaya calina merupakan jenis pepaya unggulan yang menarik untuk dibudidayakan. Lalu bagaimana cara budidaya pepaya calina supaya hasilnya optimal?

Cara budidaya pepaya calina cukup mudah kok. Tanaman ini bisa hidup di dataran rendah dan tinggi (300-1000 meter dpl), suhu udaranya 22-26°C dan kelembabannya kira-kira 40% serta anginnya yang pun tidak begitu kencang. Adapun pH tanah yang ideal untuk pohon ini ialah pH 6 -7.

Cara Budidaya Pepaya Calina Yang Menguntungkan []

Cara budidaya pepaya calina berikut ini merupakan langkah tepat untuk mendapatkan hasil panen yang optimal.

Pemilihan Bibit

Untuk pemilihan bibit, pilih bibit pepaya calina yang unggul dan cara memilihnya dapat dilakukan seperti pada jenis pepaya yang lainnya. Disamping itu, Anda pun dapat langsung membeli bibitnya yang telah tersedia di pasaran sehingga bisa segera menanamnya.

Persiapan Lahan

Pepaya calina bisa ditanam pada lahan berukuran 60 x 60 x 50 cm dengan jarak tanam sekitar  2,5 x 2,5 m atau boleh juga memakai ukuran 2,5 x 2,75 m. Tanah yang telah diberi lubang sebelumnya mesti dibiarkan terlebih dulu selama sekitar 15 hari, sebelum tanaman tersebut ditanamkan dan tanahnya ditutup kembali. Anda dapat memilih untuk menggunakan pupuk kandang atau kompos.

Penanaman

Harus hati-hati saat akan memindahkan bibit pepaya calina dari polibag yang awalnya berupa biji kering yang ditanamkan disana dan selama 1,5 bulan tumbuh dalam polibag dan selanjutnya  akan  dipindahkan ke tanah yang telah dipersiapkan selama 15 hari. Guna memperoleh hasil yang optsimal, maka sehari sebelum penanamannya sebaiknya lahan diberi air dan penanaman tanamannya sebaiknya dilaksanakan ketika sore hari.

Pemeliharaan

Anda mesti benar-benar hati-hati dan teliti untuk menjaga tanaman dari serangan hama maupun penyakit. Tetapi ada berbagai kiat sukses untuk mencegahnya yakni dengan melakukan penyulaman bila terdapat hama dan penyakit pada tanaman. Kemudian Anda dapat memberikan kembali pupuk dengan menggunakan pupuk NPK.

Panen

Pemanenan dapat dilakukan setelah tanaman berumur 8-9 bulan. Tanda-tanda Buah yang sudah matang ditandai dengan adanya semburat kuning pada ujung buah. Pemanenan mesti dilakukan dengan cara memotong tangkai mengguanakan gunting atau pisau tajam. Pemanenan dilakukan dalam waktu 10 hari dalam sekali panen. Ketika memanen jauhkan buah dari paparan sinar matahari untuk melindungi buah agar nampak bagus atau bisa juga diberi alas dari plastik.

Demikianlah uraian singkat tentang cara budidaya pepaya calina yang dapat menjadi salah satu upaya untuk memulai agribisnis prospektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *