Cara Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam Semen

Cara Budidaya Ikan Nila Dalam Kolam Semen

Urbanina.com – Cara budidaya ikan nila dalam kolam semen, sebenarnya tidak berbeda jauh dengan teknik budidaya ternak ikan lainnya. Hanya saja jika dengan cara budidaya nila dalam kolam semen bisa memberi kemungkinan pada ikan nila untuk berkembang lebih cepat dengan kepadatan ikan nya lebih tinggi dibandingkan dengan biasa atau kolam tanah. Konsekuensinya peternak atau pembudidaya harus bisa memelihara kualitas air serta pemberian pakan yang baik.

cara budidaya ikan nila dalam kolam semen

Keuntungan dari cara budidaya ikan nila dalam kolam semen diantaranya:

  • Dalam kondisi air yang optimal kolam kecil Dapat menebar ikan dengan kepadatan tinggi walaupun kolam berukuran kecil asalkan kondisi air kolamnya optimal.
  • Ikan aman dari gangguan binatang lain seperti siput dan unggas serta parasit yang berasal dari binatang pengganggu.
  • Hasil panen lebih baik dan lebih mudah dilakukan jika dibandingkan dengan kolam biasa dari tanah.

Adapun beberapa kekurangan dari cara budidaya ikan nila dalam kolam semen antara lain:

  • Ikan nila harus diberi pakan lebih sering oleh peternak karena ikan tak bisa mendapatkan sendiri sumber makanan alami.
  • Peternak harus memberikan makan yang lengkap dengan jumlah tepat sesuai kebutuhan ikan seperti mineral dan vitamin.
  • Bila kesehatan ikan terganggu terkait dengan kepadatan ikan yang ditebar maka kemungkinan akan gagal panen dapat terjadi. Di sini peternak harus benar-benar dapat menjaga kualitas air dan pemberian pakan yang memuaskan.
  • Dibutuhkan biaya besar untuk membeli peralatan aerasi agar lingkungan air dalam kolam tetap terjaga.
  • Bila terjadi pemadaman listrik dan tak mempunyai sistem cadangan listrik dapat mengakibatkan kematian massal pada ikan nila karena semua peralatan aerasi memerlukan listrik.

Memilih jenis

Pada cara budidaya ikan nila dalam kolam semen ini jenis ikan nila dapat dibesarkan diantaranya dari jenis nila merah, nila taiwan, nila gift atau Oreochromis niloticus. Dibandingkan nila biru yang biasa hidup di air yang dingin maka nila jenis tadi bisa tumbuh lebih cepat.

Kualitas Air

Hal yang terpenting dalam cara budidaya ikan nila di kolam semen yakni pengelolaan air yang tepat dan teratur. Aerase dan pembuangan sampah merupakan 2 unsur penting dalam pengelolaan air pada teknik budidaya ini dengan cara mengalirkan air secara kontinu ke dalam kolam supaya terus menerus mengalir kedalam kolam agar terbentuk oksigen terlarut. Setiap kolam harus mempunyai sistem pembuangan air sendiri-sendiri sehingga tak memakai air yang telah terpakai di kolam lainnya. Lakukan penyaringana air berulangkali bila mendaur ulang air dari kolam lain dengan memakai filter sponse ataupun lainnya. Bila dikelola dengan benar sirkulasi air di dalam kolam ini bisa berlangsung dengan baik. Akan tetapi bila persediaan air cukup banyak maka tidak perlu melakukannya.

Suhu

Ikan nila membutuhkan suhu air sekitar 28-30oC untuk bisa tumbuh dengan baik. Ikan nila rentan terhadap suhu dingin di bawah 13oC karena akan menurunkan sistem kekebalan tubuhnya.

Demikianlah keuntungan dan kerugian dari cara budidaya ikan nila dalam kolam semen dan semua keputusan ada di tangan Anda.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *