Cara Budidaya Durian Musang King Di Halaman Rumah

Urbanina.com - Cara budidaya durian musang king sebetulnya tidak jauh berbeda dengan jenis durian lainnya dan tidak sesulit yang dibayangkan selama ini. Durian yang berasal dari negeri jiran Malaysia ini hidup di daratan rendah sampai di ketinggian 1000 mdpl. Buah berduri ini rasanya manis, tebal daging buahnya dan bertekstur lembut serta kekuningan warna daging buahnya. Durian musang king tumbuh subur di daerah yang memiliki iklim basah, tanahnya lembab dan gembur. Bibit tanaman ini tidak sulit untuk ditanam sehingga banyak masyarakat yang telah menanamnya dengan cara budidaya durian musang king di halaman rumah. Durian musang king merupakan jenis durian terbaik di kelasnya hingga sekarang. Durian varietas baru ini dikenal pertama kalinya pada tahun 1990 dan di negeri asalnya dijuluki Mou San Wan yang artinya raja kucing. Musang king yang termasuk durian berdaging buah kering ini dapat ditanam di halaman rumah dengan hasil yang baik. Bagaimana cara budidaya musang king di halaman rumah kita? Mari ikuti ulasan lengkapnya! Cara Budidaya Durian Musang King di Halaman Rumah [ ] Berikut cara budidaya durian musang king di halaman rumah Anda.
  • Cari bibit tanaman durian musang king atau beli saja di urbanina. Salah satu ciri durian musang king adalah bentuk daunnya lonjong dan memanjang.
  • Lahan atau tanah yang akan dipergunakan untuk menanam bibit tanaman durian musang king dibersihkan dari organisme pengganggu tanaman, misalnya rumput dan tanaman liar. Pastikanlah bibit tersebut ditanamnya di tempat yang bisa secara penuh mendapatkan sinar matahari.
  • Membuat lubang tanam berukuran 50 x 50 x 50 cm untuk bibit berukuran 1 meter tinggintya.
  • Lubang tanam tersebut dibiarkan terkena oleh sinar matahari selama 2-3 hari sebelum bibit durian musang king ditanam supaya bakteri yang ada di dalam tanah tersebut mati dan bibit durian menjadi bebas bakteri.
  • Kemudian bibit dimasukkan ke lubang tanam yang sudah dipersiapkan tadi dengan cara membuka pembungkus bibit yang umumnya dibuat dari polybag/plastik. Tanah lahan sedikit dikorek-korek untuk memasukkan tanah polybag yang ada bibitnya. Selanjutnya tanah bibit tadi dipendam, tetapi tanahnya jangan memendam batang bibit tersebut
  • Bibit tanaman ditanaman rata dengan tanah bawaan dari bibit. Kemudian tanah diurug ke sebelah kiri dan kanan bibit tanaman atau melingkari di tempat berdirinya bibit tanaman.
  • Bila lahan terasa terlalu panas karena posisi letaknya terhadap sinar matahari sebaiknya bagian bawah bibit ditutup dengan jerami utuk mencegah penguapan.
  • Pada saat musim kemarau lakukan penyiraman rutin setiap sore supaya bibit tetap dalam kondisi segar.
  • Setiap bulan lakukan pemupukan menggunakan pupuk organik dengan cara menyiramkannya ke bagian bawah bibit tanaman. Lakukan pemupukan sesuai dosisnya dan petunjuk lainnya yang tertera di botol atau kemasan pupuk organik.
  • Beri pupuk kandang sebanyak 1/4 karung untuk tanaman yang tingginya sudah mencapai 1-2 meter dan bibit tanaman itu telah berumur 3 bulan.
  • Pemberian pupuk kandang juga dilakukan pada tanaman yang telah berumur 1-2 tahun pada waktu berbuah untuk memacu pertumbuhan tanaman dan juga buah.
  • Rawatlah tanaman sebaik mungkin supaya tidak terserang hama dan penyakit serta gulma.
Demikianlah cara budidaya durian musang king di halaman rumah Anda. Semoga bermanfaat dan behasil guna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *