Cara Budidaya Durian Montong Supaya Cepat Berbuah

Cara Budidaya Durian Montong Supaya Cepat Berbuah

Urbanina.com – Rasanya hampir semua orang menyukai buah durian, termasuk durian montong. Disamping lantaran rasanya yang lezat plus legit, buah yang satu ini mempunyai aroma yang khas. Banyaknya jenis durian menyebabkan penikmatnya kian senang memburu buah yang berselimut duri ini. Durian montong masih merupakan salah satu jenis durian yang jadi unggulan. Dagingnya tebal dan rasanya yang tak disangsikan lagi ini menjadikan orang kian banyak ingin menanamnya untuk memperoleh penghasilan. Oleh karena itulah tidak aneh bila banyak masyarakat yang ingin mengetahui cara budidaya durian montong supaya cepat berbuah.

Banyaknya orang yang membudidayakan durian montong menjadikan Anda mesti pandai-pandai memilih dan memutuskan cara budidaya durian montong supaya cepat berbuah dan menghasilkan buah yang optimal.

Cara Budidaya Durian Montong Supaya Cepat Berbuah [ ]

Berikut merupakan cara budidaya durian montong supaya cepat berbuah yang patut Anda lakukan bila akan membudidayakan durian ini dan tidak begitu lama menanti untuk mencicipi buahnya. Hasil buahnya pun maksimal dan tidak mengecewakan.

Pemilihan Bibit

Pilih bibit durian montong yang baik dan berkualitas. Tetapi bila Anda mempunyai kecakapan tersendiri, ada baiknya Anda mengadakan pembibitan sendiri, jangan membeli bibit yang telah jadi.

Menyiapkan Media Tanam

Faktor ini pun ikut memastikan menjadi salah cara budidaya durian montong supaya cepat berbuah. Cermati tempat dimana Anda akan menanam tanaman durian Anda dari mulai tanahnya, sam basanya tanah, pengairan, jadwal tanam sampai menentukan luas lahan penanaman.

Membersihkan Lahan

Lahan yang akan ditanami tanaman durian dibersihkan terlebih dahulu. Bebatuan dan berbagai tanaman lainnya yang akan menghambat pertumbuhan tanaman durian harus disingkirkan.

Membuat Bedengan

Tanah yang akan dijadikan bedengan mesti dicangkul sedalam sekitar 30 cm supaya tanahnya jadi gembur. Tanah yang telah dicangkul tadi dicampur dengan pasir dan kompos yang telah disiapkan sebelumnya. Untuk bedengan yang berukuran 1 x 2 meter diberikan pasir dan pupuk kompos sebanyak 5 kg. Tanah itu dibiarkan tercampur selama 1 minggu dan buat menghindari timbulnya jamur dan bakteri harus disemprot dengan basamid.

Perhatikan Jarak Antar Tanaman

Jarak yang sangat sering dipergunakan untuk menanam durian montong ialah kira-kira 10-12 meter. Jarak ini akan berdampak penting bila tanaman durian telah besar dan akan mengeluarkan buah.

Cara Menanam yang Benar

Setelah bibit tanaman mencapai tinggi kira-kira 75-150 cm maka bibit siap ditanamkan di lahan perkebunan. Caranya yaitu dengan membuka polybag bibit secara pelan-pelan lalu bibit tersebut dimasukkan ke dalam lubang yang sudah digali hingga sebatas leher. Pangkal bibit ditutupi oleh jerami/rumput kering, kemudian disiram dengan air. Pasang naungan untuk menjaga bibit yang baru saja ditanam supaya tidak mati dan kekeringan.

Pemeliharaan

Lakukanlah penyiangan untuk mencegah persaingan, pemupukan dan pemangkasan. Pada taraf permulaan, buat selokan kecil untuk menaruh pupuk dan selokan ditutup kembal. Adapun jenis pupuk yang dipakai ialah pupuk hijau, pupuk kandang/pupuk kompos, dan pupuk buatan, Selepas 3 bulan, berikanlah pupuk NPK sebanyak 200 gram pada setiap tanamannya dan 1 tahun sekali berikan juga pupuk kandang.

Demikianlah cara budidaya durian montong supaya cepat berbuah yang dapat Anda lakukan. Selamat mencoba menanam durian montong dan mudah-mudahan penanamannya sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *