Cara Budidaya Durian Bawor Untuk Di Kebunkan

Urbanina.com – Durian bawor dapat bersaing dengan durian dari negara lain berkat pemilihan bibit durian bawor yang unggul dan teknik budidaya serta perawatan yang baik. Alhasil sudah sepantasnya bertanam durian bawor ini dijadikan peluang bisnis yang berprospek cerah, baik di pekarangan rumah maupun kebun. Lalu bagaimana cara budidaya durian bawor untuk di kebunkan?

Cara budidaya durian bawor untuk di kebunkan nyaris sama caranya dengan menanam tanaman durian di halaman rumah atau tanah sawah. Hanya saja ada sedikit perbedaan dari teknik perlakuannya.

Cara Budidaya Durian Bawor Untuk Di Kebunkan

Di bawah ini urbanina bagikan tips cara budidaya durian bawor untuk di kebunkan dengan harapan dapat membantu Anda dalam mempraktikannya.

Penentuan Pola Tanaman

Jarak tanam amat bergantung pada sistem budidaya yang digunakan, kultivar durian, serta jenis dan kesuburan tanah. Jarak tanam untuk kultivar durian berusia genjah adalah 10 x 10 m, sedangkan untuk kultivar durian berusia sedang dan dalam jarak tanamnya 12 x 12 m.

Pembuatan Lubang Tanam

Dalam cara budidaya durian bawor untuk di kebunkan ini pengolahan tanah penting sekali dilakukan pada lubang yang akan dipergunakan untuk menanam bibit durian tersebut. Lubang tanam yang dipersiapkan berukuran 1 x 1 x 1 m. Ketika menggali lubang sebaiknya tanah galian tersebut dibagi menjadi 2 bagian. Misalnya tanah galian dari bagian atas dikumpulkan di kiri lubang dan tanah galian dari bagian bawah dikumpulkan di sebelah kanan lubang. Biarkan lubang tanam menjadi kering terkena angin selama sekitar 1 minggu. Kemudian lubang tanam tersebut ditutup kembali.

Tanah galian dari bagian atas sebaiknya dimasukkan lebih dahulu sesudah dicampurkan dengan pupuk kompos sebanyak 35 kg/lubang,  lalu diikuti oleh tanah dari bagian bawah yang sudah dicampuri dengan 1 kg fosfat dan 35 kg pupuk kandang.

Anda bisa mencampurkan insektisida butiran seperti pestisida GLIO guna mencegah gangguan semut, rayap, hama yang lainnya. Setelah itu lubang tanam diisi secara penuh hingga kelihatan membukit setinggi 20-30 cm di atas permukaan tanah, namun tanah tidak usah dipadatkan. Sebaiknya penutupan lubang diadakan 7-15 hari sebelum dilakukan penanaman bibit.

Cara Penanaman

Bibit tanaman durian bawor yang akan ditanam di kebun ada baiknya sudah memiliki tunggi tubuh 50-70 cm, sehat kondisinya, baik pertumbuhannya yang kesemuanya itu tercermin dari batangnya yang kuat dan perakarannya yang banyak dan kokoh.

Lubang tanam yang sudah tertutupi tanah digali lagi dengan ukurannya yang lebih kecil atau kira-kira sebesar gumpalan tanah yang membalut akar bibit durian. Sesudah lubang siap, Anda lakukan penanaman dengan cara berikut ini:

  • Lepaslah pembungkus bibit/polybag dengan cara menggunting bagian sisinya pelan-pelan.
  • Masukkan bibit ke dalam lubang tanam hingga batas leher.
  • Tutuplah lubang tanam dengan tanah galian. Berilah air pada sisi tanaman supaya pertumbuhan tanaman tegak mengarah ke atas sesuai dengan arah air.
  • Tutuplah pangkal bibit dengan rumput atau jerami kering sebagai mulsa kemudian disirami air.
  • Buatlah naungan dari bahan rumbia atau bahan yang lainnnya di atas bibit tersebut yang berfungsi sebagai pelindung supaya tanaman tidak layu/kering karena terkena langsung sinar matahari.

Itulah cara budidaya durian bawor untuk di kebunkan dan mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *