Cara Budidaya Durian Bawor Di Tambulampot

Urbanina.com – Keistimewaan durian bawor diantaranya adalah pohonnya pendek dan buahnya lebat atau banyak. Durian bawor adalah jenis durian yang memiliki kualitas dan mutunya pun amat baik membuat varietas durian ini jadi unggulan dan layak sekali dikembangkan, misalnya dalam pot. Namun bagaimana cara budidaya durian bawor di tambulampot?

Nyaris orang-orang menggemari durian lantaran durian rasanya lezat, daging buahnya pun lembut dan aroma khasnya amat menggoda. Lantaran hal itu, tidak sedikit orang yang menanam durian untuk dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Selain itu untuk menanam durian bawor tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas, Anda bisa menanamnya dengan cara budidaya durian bawor di tambulampot lho.

Cara Budidaya Durian Bawor Di Tambulampot [ ]

Di bawah ini ialah cara budidaya durian bowor di tambulampot.

Persiapan Bibit

  • Siapkanlah terlebih dulu media tanam berbentuk campuran pupuk kompos/pupuk kandang dan tanah liat dengan proporsi 1:1.
  • Media tanam itu dimasukkan ke dalam karung. Lalu membuat lubang di tanah sama ukurannya dengan karung untuk memasukkan karung itu. Tetapi sebelum karung itu dimasukkan, di bagian dasar lubangnya diberi pupuk TSP dan fosfor dengan takaran 2 sdm atau 20 gram buat memaksimalkan perkembangan akar. Kecuali itu, tambahkan juga furadan sekira 2 sdm untuk menghindari pertumbuhan bakteri pantogen.
  • Bila telah siap semuanya, masukkan karung pada lubang kemudian bibit durian ditanam pada media tanam itu. Pemberian pupuk dilakukan dengan cara rutin sebanyak 2-3 kali dalam 1 tahun supaya pertumbuhannya lebih optimal.

Penanaman

  • Bila bibit durian sudah berusia 12 bulan bibit bisa dipindahkan ke dalam pot.
  • Siapkanlah media tanam berisi campuran jerami, pupuk kandang, dan tanah liat dengan proporsi 1:1:1.
  • Media tanam yang sudah siap lalu dimasukkan ke dalam pot untuk metan menanam durian.
  • Pada media tanam itu dibuat lubang lantas bibit durian ditanam pada lubang tadi dan ditutup kembali dengan metan yang ada di sekelilingnya. Kemudian setiap hari disiram dengan larutan perangsang tumbuh akar selama 1 minggu pertama penanaman dengan takaran 25 ml/10 liter air.

Penyiraman

Penyiraman dilakukan sebanyak 1 kali dalam 1 hari secara rutin, yakni pada waktu pagi hari. Namun tidak perlu dilakukan penyiraman bila hujan.

Penyiangan

Pencegahan dilakukan dengan memelihara kebersihan media tanamnya. Gulma atau tanaman pengganggu yang terdapat di sekitar tanaman dibersihkan. Tetapi bila, tanaman nampak sudah terkena hama dan penyakit bisa disemprot dengan pestisida sesuai dosis anjuran.

Pemupukan Susulan

  • Pemberian pupuk pertama dilakukan ketika tanaman berusia 3 bulan menggunakan pupuk NPK. Caranya dengan membuat lubang mengitari tanaman lalu pupuk NPK ditaburkan sebanyak 100 gram.
  • Pemberian pupuk kedua dilakukan sesudah tanaman usianya 6 bulan setelah tanam. Caranya sama seperti pada pemupukan susulan pertama tetapi menggunakan pupuk NPK sebanyak 200 gram.
  • Pemberian pupuk ketiga dilakukan sesudah tanaman berusia 1 tahun. Caranya sama dengan pemupukan sebelumnya tetapi dosisnya sebanyak 150 gram. Pemupukan selanjutnya diadakan tiap-tiap 6 bulan sekali dengan dosis sebanyak 100 gram.

Itulah cara budidaya durian bawor di tambulampot dan semoga bermanfaat bermanfaat bagi Anda sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *