Cara Berkebun Durian Musangking Agar Hasil Maksimal

Cara Berkebun Durian Musangking Agar Hasil Maksimal

Urbanina.com – Cara berkebun durian musangking agar hasil maksimal sebetulnya cukup mudah dan tidak sesulit seperti yang dbayangkan. Durian musangking merupakan durian varietas unggul dan banyak diminati oleh banyak kalangan. Durian ini memang bukan durian lokal dari Indonesia tetapi durian ini berasal dari Malaysia dan saat ini telah menyebar ke beberapa belahan dunia, tak terkecuali Indonesia.

Durian musangking bisa tumbuh optimal pada daerah dataran rendah sampai ketinggian kira-kira 1000 meter dpl dan suhunya berkisar 30-35oC. Durian ini tumbuh ideal pada daerah yang mempunyai curah hujan tinggi dengan tekstur tanahnya yang gembur dan subur, kedalaman air tanahnya tidak nelebihi 1 meter. Durian ini mulai bisa berbuah setelah masa tanam 3-5 tahun. Apabila Anda berminat menanamnya Anda perlu cara berkebun durian musangking agar hasil maksimal lho.

Cara Berkebun Durian Musangking Agar Hasil Maksimal

Berikut ini cara berkebun durian musangking agar hasil maksimal urbanina paparkan buat Anda.

  1. Menyiapkan bibit

Pilih bibit durian musangking dengan benar-benar teliti supaya kelak tidak kecewa dengan hasil yang diadapat dari buah durian ini.

  1. Menyiapkan lahan

Setelah mempunyai bibit durian musangking yang siap tanam, langkah berikutnya ialah mempersiapkan lahan. Lahan dibersihkan dari gangguan gulma atau rumput liar supaya bibit yang baru ditanam bisa tumbuh optimal dan memperoleh penuh sinar matahari.

  1. Membuat lubang tanam

Buatlah lubang tanam berukuran 50 x 50 cm bila bibit durian mempunyai ketinggian 1 meter. Namun bila tinggi bibitnya melebihi 1 meter atau bahkan kurang, Anda dapat menyesuaikan ukurannya sendiri. Setelah itu biarkan selama 2-3 hari supaya lubang tanam bebas dari bakteri dan sejenisnya.

  1. Memberikan pupuk dasar

Lakukan pemberian pupuk dasar terlebih dulu pada lubang tanam tersebut sebelum Anda menanamkan bibit tanaman durian. Pupuk dasar yang baik untuk berkebun durian musangking salah satunya adalah pupuk kandang. Sebaiknya pilih pupuk kandang yang telah kering bila Anda memakainya. Biarkan kira-kira 1-2 hari di lubang tanam sebelum bibit ditanam.

  1. Menanam bibit

Sekarang saatnya Anda menanam bibit durian musangking pada setiap lubang tanam yang sudah disediakan setelah lubang tanam tersebut diberi pupuk dasar dan dibiarkan kira-kira 2-3 hari. Setelah itu buka plastik polybag yang berisi bibit tanaman durian secara hati-hati supaya tanahnya tidak hancur atau pecah. Plastik polybag dibuang supaya bibit bisa tumbuh secara baik. Letakkan dengan posisi yang tepat lantas ditimbun dengan tanah yang sudah dicampuri pupuk kandang yang telah teraduk merata. Lebih baik lagi bila di atas permukaan tanahnya diberi jerami padi supaya semakin baik kandungan komposnya.

  1. Merawat tanaman

Merawat bibit durian musangking yang barusan ditanam bisa dilakukan dengan cara rajin melakukan penyiraman dan pemupukan. Pakailah pupuk organik setiap bulannya guna memacu pertumbuhannya.

Demikianlah cara berkebun durian musangking agar hasil maksimal yang bisa Anda lakukan kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *