Cara Ampuh Atasi Bunga Durian Yang Sering Rontok

Urbanina.com – Biasanya tanaman durian akan mulai mengeluarkan bunga dan buah dengan cara serempak. Saat tanaman durian telah mulai keluar bunga, maka ini hal yang akan memastikan hasil buah durian yang telah dibudidayakan. Bila selama proses durian berbunga sampai menjadi buah, bunga durian tersebut tetap sehat, maka dengan sendirinya budidaya tanaman durian yang dilakukan bisa dikatakan sukses (berhasil). Tetapi bila selama proses durian berbunga telah terjadi banyak masalah, misalnya mengalami kerontokan massal pada bunga tentunya akan mengakibatkan budidaya tanaman durian yang dilakukan mengalami kegagalan. Untuk ini diperlukan cara ampuh atasi bunga durian yang sering rontok supaya bunga durian tidak terjadi keguguran lagi.

Tanaman durian yang sedang keluar bunga ini umumnya rentan sekali pada berbagai macam masalah, diantaranya rontok. Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan bunga ataupun bakal calon buah durian sering mengalami rontok sehingga bila tidak bisa dicari penyebabnya maka dengan sendirinya tidak mengetahui bagaimana cara ampuh atasi bunga durian yang sering rontok itu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pemahaman, minimal mengetahui apa faktor penyebab bunga durian sehingga sering mengalami rontok.

Cara Ampuh Atasi Bunga Durian yang Sering Rontok [ ]

Setelah Anda tahu faktor penyebab bunga durian sering rontok, selanjutnya Anda mesti mengetahui cara ampuh atasi bunga durian yang sering rontok karena bila tidak secepatnya ditangani, maka dipastikan Anda akan mengalami gagal panen durian sehingga tidak akan pernah bisa menikmati bagaimana lezatnya buah durian.

Untuk mengatasi bunga durian yang mudah rontok, Berikut ini urbaninan akan menyajikan tips bagaimana cara ampuh atasi bunga durian yang sering rontok.

Rajin Melakukan Penyiraman

Apabila tanaman durian telah mulai mengeluarkan bunga sebaiknya Anda mesti lebih sering menyiraminya supaya tanah tidak kekeringan. Suplai air mesti tetap ada, khususnya pada musim kemarau. Pasalnya saat tanaman durian sedang berbuah sehingga akan lebih banyak memerlukan nutrisi dan air guna menguatkan dan menjadikan bunga durian semakin sehat.

Upayakan Menanam Lebih Dari Satu Tanaman Durian

Salah satu yang menyebabkan bunga durian sering rontok adalah tidak terjadi penyerbukan silang. Apabila selama ini tanaman durian yang ditanam mengeluarkan bunga tetapi tidak pernah menjadi buah sebab sering gugur, mungkin inilah faktor penyebabnya. Jadi alangkah baiknya bila Anda tidak cuma menanam satu tanaman/pohon durian saja, namun tanamlah yang cukup banyak agar penyerbukan silang bisa terjadi.

Penuhi Nutrisi Tanaman Durian

Saat tanaman durian telah mulai keluar bunga, disamping Anda melakukan penyiraman teratur, Anda pun mesti memberikan nutrisi pada tanaman durian berupa pupuk supaya putik bunga yang diserbuki benang sari bisa menjadi buah durian. Kecuali itu pemupukan ini pun memiliki tujuan supaya tangkai bunga durian jadi lebih kuat dan tidak gampang rontok. Disamping pupuk, Anda pun dapat memberikan tambahan nutrisi penguat bunga yang khusus untuk tanaman durian.

Demikian tadi ulasan mengenai bagaimana cara ampuh atasi bunga durian yang sering rontok. Sekedar informasi, jika Anda mau memulai urban farming, menanam sayuran hidroponik, sayuran organik, mau menanam sistem akuaponik, sebaiknya Anda berkunjung ke www.store.urbanina.com di sini tersedia berbagai starterkit dan juga alat serta bahan untuk Anda yang mau mulai menanam. Atau bisa konsultasi ke 082227639118.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *