5 Tips Penting Untuk Merawat Tabulampot Alpukat

5 Tips Penting Untuk Merawat Tabulampot Alpukat

Urbanina.com – Bila memiliki tabulampot alpukat, Anda dapat menempatkannya dihalaman rumah sebagai salah satu tanaman yang menghiasi rumah Anda. Bentuk tanaman yang hidup didalam pot menjadikannya tampak lebih rapi dan tentunya lebih indah sebagai penghias halaman rumah. Selain sebagai penghias rumah, tabulampot alpukat tersebut dapat dinikmati buahnya apabila telah berbuah. Namun disamping itu semua, tanaman alpukat membutuhkan perawatan yang baik dari pemilikinya untuk dapat menjadi tanaman hias yang menhiasi halaman rumah. Dan pada kesempatan kali ini, Urbanina akan membahas tentang 5 tips penting untuk merawat tabulampot alpukat. Tips yang kami bagi kali ini termasuk penting karena berkaitan dengan perawatan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tabulampot alpukat.

tips penting untuk merawat tabulampot alpukat

Tips-tips yang akan kami tulis ini akan sangat membantu Anda dalam merawat tabulampot alpukat supaya dapat tumbuh dengan baik. Melalui artikel ini, Anda dapat membaca 5 tips penting untuk merawat tabulampot alpukat sekaligus dengan penjelasan singkat didalamnya. Tanpa basa-basi, berikut ini adalah 5 tips penting untuk merawat tabulampot alpukat Anda.

  1. Pengaturan pencahayaan

Kebutuhan cahaya tanaman alpukat : matahari penuh.

Tips yang pertama untuk dapat merawat tabulampot alpukat supaya tumbuh dengan baik adalah dengan menyediakan lingkungan dengan sinar matahari penuh. Seperti yang ditulis diatas, bahwa tanaman alpukat memiliki kebutuhan sinar matahari seperti pohon pisang, yaitu sinar matahari penuh.

  1. Pengaturan pemberian air

Kebutuhan air tanaman alpukat : lembab ringan.

Untuk dapat memberikan air pada tabulampot alpukat di kadar lembab ringan, Anda dapat dengan mudah membuat lubang yang cukup pada bagian bawah pot, agar drainase berjalan dengan baik. Kondisi lembab ringan diatas bukan berarti bahwa air yang tersedia harus banyak, karena air yang terlalu banyak dapat mengakibatkan daun yang menguning.

  1. Pengaturan suhu

Kebutuhan suhu tanaman alpukat : hangat.

Anda dapat mengamati sendiri pertumbuhan tabulampot alpukat yang Anda miliki. Pertumbuhannya akan melambat apabila datang musim hujan. Hal ini dikarenakan suhu yang terlalu dingin mengakibatkan pertumbuhan jaringan pada tanaman alpukat menjadi lambat sehingga tanaman juga ikut melambat pertumbuhannya.

  1. Pengaturan tanah

Kebutuhan tanah tanaman alpukat : cepat kering.

Untuk mengatur kebutuhan tanah atau media tanam pada tabulampot alpukat, Anda dapat melakukannya dengan cara yang sama ketika mengatur pemberian air. Karena salah satu cara untuk membuat tanah atau media tanam menjadi cepat kering adalah dengan membuat drainase yang baik. Caranya, yaitu dengan membuat lubang yang cukup pada bagian bawah pot yang digunakan sebagai tempat keluarnya air.

  1. Pengaturan pupuk

Kebutuhan pupuk tanaman alpukat : selalu cukup.

Anda perlu tahu mengapa kami menyebutkan bahwa kebutuhan pupuk tanaman alpukat diatas kami sebut dengan selalu cukup. Kebutuhan pupuk harus selalu cukup karena tanaman alpukat terus menyerap pupuk, dan pupuk yang tersedia didalam pot tentu akan semakin berkurang dan habis seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, Anda harus memnyediakan pupuk yang berlimpah sehingga ketika pupuk yang ada didalam pot sudah habis, Anda dapat dengan mudah menggantinya dengan yang beru. Dengan begitu, pupuk yang ada didalam pot selalu cukup untuk diserap tanaman alpukat.

Demikian adalah 5 tips penting untuk merawat tabulampot alpukat yang dapat Anda baca dan pahami. Semoga dengan artikel ini, pemahaman tentang perawatan tabulampot alpukat dapat tersebur luas untuk semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *