Perangkat Tanam Microgreens

Perangkat Tanam Microgreens

Urbanina.com РMicrogreens, sayuran yang dipetik saat masih muda ini tengah booming saat ini dan banyak orang mulai menanamnya agar bisa menikmatinya setiap saat. Berbagai jenis tanaman microgreens seperti  kubus, brokoli, selada, basil dan sayuran lainnya dapat dengan mudah ditanam pada perangkat tanam yang sederhana maupun perangkat tanam yang bisa dibeli di toko pertanian atau gerai yang menyediakan perangkat budidaya tanaman. Jika Anda ingin mulai menanam microgreens sendiri di rumah maka ada beberapa perangkat tanam yang bisa digunakan.

perangkat tanam

Perangkat Sederhana

Tidak perlu repot jika ingin menanam sayuran ala microgreens sendiri diruangan rumah Anda. Sayuran microgreens mudah tumbuh dan dapat dinikmati hasilnya dalam waktu kurang lebih dua minggu. Beberapa perangkat tanam yang digunakan untuk menanam bisa dibuat sendiri misalnya dari kotak plastik bekas salad atau kotak makan yang sudah tak terpakai, botol plastic sisa air mineral, bekas kotak susu dan wadah lainnya yang dirasa bisa menampung sayuran berukuran mini ini. Menggunakan barang yang sudah tak terpakai untuk menanam microgreens bisa membantu mengurangi jumlah sampah rumah tangga dan memotivasi seseorang untuk lebih kreatif. Wadah tersebut bisa diletakkan diberbagai tempat atau ruang dalam rumah Anda bahkan di kamar Anda sendiri. Letakkan dekat dengan jendela agar tanaman mendapatkan cukup cahaya dan dapat tumbuh dengan optimal. Cahaya sangat penting bagi pertumbuhan tanaman karena dibutuhkan dalam proses fotosintesis.

Perangkat Tanam Yang Dibutuhkan

Untuk mengetahui lebih jelas tentang apa saja alat dan bahan yang diperlukan dalam menanam microgreens, simak penjelasannya berikut ini

  • Hidroponik Mikrogreen Kit, perangkat yang satu ini banyak dijual dan tersedia di toko pertanian yang menyediakan alat-alat pertanian. Set perangkat ini sudah dilengkapi dengan kotak wadah media tanam, dan growing pads. Growing pads sendiri berbentuk seperti kain dan digunakan sebagai pengganti tanah karena sebagaimana kita tahu, metode tanam hidroponik tidak menggunakan tanah.
  • Wadah media tanam sederhana, jika Anda tidak bisa menemukan hidroponik kit didaerah Anda maka Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan baki plastik, botol atau wadah lainnya. Wadah yang digunakan sebaiknya tidak berlubang atau rapat.
  • Benih tanaman, benih yang digunakan untuk menanam microgreens sama dengan benih yang digunakan untuk menanam tanaman pada umumnya. Pilih benih berkualitas baik yang dibeli dari supplier yang terpercaya. Ada banyak jenis benih sayuran yang bisa digunakan untuk menanam microgreens tapi pilihlah jenis sayuran yang Anda sukai. Anda juga bisa mengkombinasikan berbagai benih dalam satu wadah semai.
  • Spray penyemprot air, digunakan untuk menjaga tanah dan media tanam yang digunakan untuk menanam microgreens tetap lembab. Kelembabapan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tanam sehingga sangat diperlukan untuk menjaganya tetap lembab. Spray juga digunakan agar penyiraman tidak dilakukan sevara berlebihan karena bisa menyebabkan media menjadi becek dan menybabkan pembusukan pada akar microgreens.
  • Strip pengukur pH, diperlukan untuk mengukur pH media tanam. pH media yang baik untuk menanam adalah 5,5 hingga 6,5.
  • Cahaya lampu, jika tanaman ditempatkan diruang yang kurang mendapatkan cahaya matahari maka lampu fluorescent atau lampu LED bisa diletakkan disekitar wadah tanam.
  • Kain untuk menutup wadah tanam. Meskipun membutuhkan cahaya, wadah tanaman harus ditutup dengan kain sebelum berkecambah. Kain penutup bisa dibuka pada pagi dan sore hari saat waktu penyemprotan air.

Perangkat-perangkat tersebut mudah didapat, jadi tidak ada lagi alasan Anda tidak bisa menanamnya sendiri dirumah. Selain bisa menikmati sayuran segar dengan rasa yang tidak kalah dengan sayuran direstiran, Anda juga bisa hidup lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *