Jenis Tanaman Herbal Yang Bisa Ditanam Kembali

Jenis Tanaman Herbal Yang Bisa Ditanam Kembali

Urbanina.com – Ada banyak cara untuk menumbuhkan tanaman baik dengan metode konvensional maupun metode yang banyak digemari seperti hidroponik atau urban gardening. Berbagai metode tersebut cocok untuk menanam tanaman mulai dari benihnya. Tapi, untuk Anda yang tidak punya waktu Anda bisa mencoba untuk menanam bagian tanaman yang sudah tak terpakai lagi. Diantaranya adalah tanaman herbal seperti serai, basil, jahe, kunyit dan lain sebagainya. Tidak perlu repot membeli benih dan perangkat untuk menanamnya, Anda bahkan bisa menanamnya dengan mudah hanya dengan bermodalkan wadah seperti toples maupun mangkuk, dan air. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman herbal yang bisa ditumbuhkan kembali dan cara menanamnya.

tanaman herbal

  • Basil

Tanaman basil adalah salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan pada hidangan barat seperti pasta dan salad. Daun basil memiliki aroma yang khas dan bisa meningkatkan citarasa masakan. Selain nikmat disantap, basil juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Cara menanam basil dari tangkai yang sudah tidak digunakan cukup mudah. Letakkan batang basil yang telah dipotong sepanjang 2 cm beserta daunnya. Letakkan potongan tangkai basil tersebut pada sebuah toples yang sudah diisi air. Simpan tiples tersebut pada daerah yang terkena cahaya matahari tapi jangan diletakkan ditempat yang terlalu panas dan jangan lupa untuk mengganti airnya setiap hari. Setelah akarnya tumbuh pindahkan ke pot atau wadah tanaman yang telah diisi tanah.

  • Bawang

Baik bawang putih maupun bawang merah dapat ditumbuhkan kembali dengan mudah. Hal ini akan sangat bermanfaat dan menghemat pengeluaran sehari-hari. Cukup dengan meletakkan beberapa siung bawang putih atau bawang merah dalam sebuah toples atau wadah berisi air. Pastikan seluruh bagiannya terendam air dang anti airnya setiap hari. Bawang akan tumbuh dengan sendirinya dan membentuk bonggol yang sempurna setelah beberapa hari.

  • Serai

Serai adalah salah satu tanaman yang biasa digunakan saat memasak dan biasanya digunakan untuk menambah aroma harum masakan. Jika Anda ingin menghemat keperluan belanja dapur ada tips tersendiri dalam penggunaan serai. Ambil batang serang dan gunakan ujungnya saja serta sisakan pangkalnya. Letakkan pangkal batang tersebut dalam wadah mangkuk atau toples berisi air. Pangkal tersebut nanatinya akan tumbuh kembali menjadi batang serai yang utuh setelah beberapa hari, mudah bukan?

  • Jahe dan kunyit

Tanaman jahe dan kunyit bisa ditanam kembali dengan mudah. Gunakan umbi jahe atau kunyit yang telah memiliki tunah. Letakkan umbi tersebut pada tanah atau media potting soil yang diletakkan dalam pot atau wadah tertentu dengan tunas menghadap ke atas. Setelah akar tumbuh pada umbi tanaman jahe atau kunyit tersebut maka umbi bisa ditransplantasikan pada media tanah yang ditempat yang lebih luas.

  • Oregano

Selain basil, tanaman herbal lain yang juga bisa ditanam kembali adalah oregano. Cara menanam batang oregano yang sudah tak terpakai lagi sama dengan cara menanam basil. Hanya dengan meletakkan tangkai dan daun oregano pada sebuah toples berisi air dan biarkan selama beberapa hari. Jangan lupa untuk mengganti airnya secara rutin dan setelah akarnya tumbuh tanaman bisa dipindahkan pada pot yang berisi tanah.

Itulah beberapa jenis tanaman herbal yang bisa ditanam kembali dengan mudah. Luangkan waktu untuk sekedar menanamnya dalam sebuah wadah dan sisihkan bagian sayur yang tak terpakai agar bisa ditanam kembali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *