Timun Jepang, Tanaman Sayur dengan Khasiat Menakjubkan

Urbanina.com - Timun Jepang atau yang biasa disebut dengan nama Kyuri merupakan salah satu diantara jenis sayuran dari Jepang yang banyak ditanam di Indonesia, khususnya di dataran tinggi Jawa Barat seperti di daerah Cianjur dan Lembang. Kyuri sama halnya dengan timun lokal yang dapat tumbuh secara optimal pada ketinggian 200 hingga 400 meter di atas permukaan tanah. Timun Jepang akan tumbuh menjalar menuruti arah rambatannya dengan ketinggian dapat mencapai 2 meter lebih. Apabila diperhatikan, sebetulnya timun Jepang sama seperti halnya timun lokal. Adapun yang membedakannya ialah adanya bintil-bintil kecil yang menonjol di bagian kulit kyuri. Untuk timun lokal umumnya memiliki kulit yang mulus serta lebih halus. Sementara itu kyuri mempunyai kulit tidak mulus karena terdapat bintil-bintil kecil di bagian kulitnya. Bicara soal kulit, kyuri mempunyai warna hijau yang lebih pekat dari pada timun lokal. Pasti Anda mudah sekali membedakannya jika kelak di pasar ada timun jepang, tidak sulit lagi cara membedakannya. Timun Jepang Timun Jepang memiliki rasa yang lebih renyah dan condong sedikit manis ketimbang timun lokal. Kyuri lebih di kenal untuk dibuat jadi campuran di dalam salad.  Kyuri mempunyai kandungan yang amat baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, B, dan C. Berikut ini beberapa manfaat timun Jepang, diantaranya:
  1. Berperan dalam proses pencernaan protein
Kyuri memiliki banyak kandungan erepsin. Enzim erepsin berfungsi dalam proses pencernaan protein di dalam tubuh kita.
  1. Dapat menjaga kesehatan sendi
Anda mempunyai gangguan sendi? Konsumsilah kyuri dengan cara teratur lantaran kandungan silika-nya diyakini dapat menguatkan jaringan ikat akibatnya sendi selalu dalam kondisi baik.
  1. Mencegah dehidrasi
Kyuri banyak mengandung air sehingga kyuri berguna sekali untuk menghindari dan mengatasi dehidrasi. Timun Jepang atau Kyuri ini memang mirip dengan timun lokal dari Indonesia. Perbedaan timun lokal dengan timun dari Jepang ialah timun lokal terasa lebih segar dengan sedikit ada rasa pahit di ujung buahnya. Sementara itu Timun Jepang condong mempunyai rasa lebih renyah dan manis segar. Rasanya yang manis dan renyah inilah yang membuat bahan makanan yang satu ini seringkali dipergunakan sebagai bahan wajib di berbagai masakan. Berikut ini kami sajikan cara memilih Timun Jepang (Kyuri) yang tepat, yaitu:
  • Mempunyai bentuk yang lebih panjang dan ramping dari pada timun lokal.
  • Kulitnya memiliki warna hijau cerah sampai hijau gelap dengan selingan bintik-bintik putih.
  • Pilihlah mentimun atau timun yang fisiknya masih terasa keras.
Adapun cara menyimpan Timun Jepang (Kyuri) yang baik dan benar adalah sebagai berikut :
  • Simpanlah timun ini di dalam lemari pendingin/freezer. Tidak boleh menyimpannya dalam suhu kamar dan terpapar cahaya matahari supaya tidak busuk.
  • Makanlah setidaknya 1-2 hari sesudah dibeli untuk memperoleh kualitas rasa dan kandungan nutrisi/vitamin yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *