Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Urbanina.com – Manfaat Tomat untuk kesehatan , Metode hidroponik yang banyak diaplikasikan oleh para petani dan  pekebun saat ini cukup menjanjikan terutama dalam budidaya tanaman tomat. Tomat yang dihasilkan dari metode hidroponik dianggap memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan tomat yang ditanam dengan metode konvensional. Warna, tekstur, bentuk fisik dan rasa menjadi ukuran kualitas tanaman tomat khusunya hidroponik. Buah tomat mengandung zat gizi yang cukup tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat buah tomat bagi kesehatan dan kecantikan antara lain :

tomat cerry

  1. Tomat untuk Mencegah Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyakit yang ditakuti dewasa ini dan belum ada obat efektif yang bisa menyembuhkannya. Kanker juga merupakan pembunuh nomor dua di dunia setelah penyakit jantung koroner. Tomat kaya akan likopen, suatu zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas penyebab penyakit kanker. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat setiap hari dapat mencegah penyakit kanker terutama kanker prostat secara signifikan seperti yang dilaporkan oleh para ilmuwan dari Harvard University.

  1. Tomat untuk Mengatasi darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Tomat kaya akan potassium, senyawa mineral yang dapat menurunkan resiko hipertensi hingga 20% berdasarkan penelitian Web Md di Amerika.

  1. Tomat untuk Mengurangi resiko penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner adalah pembunuh nomer satu di dunia. Penyakit ini dapat terjadi dikarenakan banyak faktor, salah satunya adalah konsumsi makanan yang tidak sehat dan kaya lemak. Tomat mengandung kadar serat yang tinggi yang dapat mencegah penyerapan lemak dalam tubuh serta mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Koleseterol yang masuk dalam aliran darah dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan resiko penyakit jantung. Asam folat yang terkandung dalam tomat juga dapat menjaga jantung agar berfungsi secara normal.

  1. Tomat untuk Mencegah diabetes

Tomat kaya akan serat dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah serta meningkatkan kadar hormon insulin dalam tubuh baik pada penderita diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2. Mengkonsumsi tomat setiap hari juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan coock dikonsumsi sebagai cemilan sehat.

  1. Tomat untuk Mengatasi konstipasi

Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti tomat dapat membantu mengatasi masalah buang air besar atau yang dikenal dengan sebutan konstipasi. Serat yang terkandung dalam tomat mampu melancarkan pencernaan dan membantu proses defekasi atau pengeluaran feses dari dalam tubuh.

  1. Tomat untuk Menjaga kesehatan mata

Untuk menjaga kesehatan penglihatan, selain mengkonsumsi wortel anda juga dapat mengkonsumsi tomat. Tomat kaya akan likopen, beta karoten dan vitamin A yang dapat melindungi organ mata dari kerisakan akibat radikal bebas atau hal lainnya. Tomat dapat mencegah mata dari kerusakan seperti katarak dan Age Macular Degeneration (AMD) atau penurunan fungsi penglihatan.

  1. Tomat untuk Mengatasi jerawat dan masalah kulit

Selain bermanfaat bagi kesehatan, tomat juga dapat digunakan untuk menjaga kecantikan kulit. Tomat kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat memicu pembentukan kolagen dalam kulit serta mencegah penuaan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Penggunaan tomat sebagai masker wajah secara rutin dapat mengurangi masalah jerawat dan kulit kusam pada wajah. Cukup haluskan tomat atau oleskan potongan tomat pada wajah secara rutin dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu.

  1. Tomat untuk Mengatasi stress

Asam folat yang terkandung dalam tomat ternyata dapat mengatasi masalah depresi dan stress yang saat ini banyak diderita akibat tekanan pekerjaan maupun masalah yang menimpa seseorang. Mengkonsumsi tomat secara rutin dapat merangsang produksi hormon serotonin pada otak yang membantu memperbaiki mood dan memberikan rasa tenang. Jadi jika anda mengalami stress, tidak ada salahnya mengkonsumsi tomat secara rutin.

Demikian delapan manfaat utama yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi tomat dan manfaat ini bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi tomat segar yang masih mentah ataupun dengan menambahkannya pada masakan sehari-hari.

Like + share ya.. semoga bermanfaat

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *