Tips Supaya Lengkeng Itoh Dalam Pot Berbuah Diluar Musim

Urbanina.com - Menanam tanaman kelengkeng/lengkeng itoh didalam pot bisa dijadikan salah satu upaya menyalurkan hobi. Para hobiis biasanya bahkan juga menanam berbagai macam tanaman buah lainnya untuk dipajang di pekarangan rumahnya. Khusus untuk menanam kelengkeng/lengkeng itoh super ini, para hobiis harus melakukan beberapa perawatan khusus tertentu jika ingin tanaman buah didalam pot (tabulampot) tersebut dapat tumbuh dengan baik bahkan sampai berbuah diluar musim. Beberapa perawatan seperti melakukan penyiraman dan pemangkasan terhadap tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut. Disamping melakukan berbagai macam perawatan diatas, hobiis juga bisa melakukan pembuahan terhadap tanaman diluar musim. Berikut ini adalah beberapa tips supaya lengkeng itoh dalam pot berbuah diluar musim. tips supaya lengkeng itoh dalam pot berbuah diluar musim Tips supaya lengkeng itoh dalam pot berbuah diluar musim berikut ini adalah yang bisa dipraktekan para hobiis tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh. Para hobiis tentu memerlukan tips supaya lengkeng itoh dalam pot berbuah diluar musim berikut ini, karena salah satu tujuan hobiis menanam tabulampot adalah agar dapat menikmati buah yang tumbuh didalam pot. Apalagi buah kelengkeng/lengkeng itoh yang memiliki rasa yang sangat manis tentu akan sangat diminati oleh mereka. Lalu, bagaimana caranya agar dapat menikmati manisnya buah kelengkeng/lengkeng itoh dari pohon yang ditanam didalam pot? Berikut penjelasannya. Tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang ditanam didalam pot akan dapat berbuah diluar musim apabila telah diberi obat perangsang pembuahan. Obat perangsang pembuahan berfungsi sebagai nutrisi bagi tanaman yang dapat membuatnya berbunga dan pada akhirnya dapat menghasilkan buah kelengkeng/lengkeng itoh yang segar dan sangat manis. Berikut ini adalah tips supaya lengkeng itoh dalam pot berbuah diluar musim dengan pemberian obat perangsang sebagai pemicu pembuahannya.
  1. Menyediakan sinar matahari yang cukup
Tabulampot kelengkeng/lengkeng itoh akan dapat berbuah diluar musim ketika sudah diberi obat perangsang pembuahan. Namun, agar nutrisi yang diberikan tersebut dapat memiliki khasiat yang bagus bagi tanaman, maka perlu diberikan asupan sinar matahari yang cukup yang sampai ke tanaman setiap harinya. Dengan kata lain, proses pemasakan makanan atau fotosintesis pada tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut akan berjalan dengan baik apabila mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  1. Menyiram tanaman
Tips yang kedua yang dapat dilakukan adalah dengan menyiram tanaman. Meskipun pemberian obat perangsang ada yang berupa zat cair yang diberikan ke tanaman, namun dihari berikutnya tetap perlu dilakukan penyiraman tanaman. Karena, tanaman kelengkeng/lengkeng termasuk tanaman yang berbeda dengan tanaman kaktus. Kalau tanaman kaktus dapat menyimpan banyak air di daunnya, tidak pada tanaman kelengkeng/lengkeng. Sehingga, persediaan air didalam pot harus tetap dijaga agar tanaman kelengkeng/lengkeng mendapatkan kecukupan air kebutuhannya. Namun, juga perlu diperhatikan agar penyiraman ini tidak menyebabkan air menggenang didalam pot, yang biasanya terjadi di musim hujan.
  1. Memangkas tanaman
Memangkas tanaman menjadi salah satu upaya yang dapat membuat tanaman kelengkeng/lengkeng didalam pot berbuah diluar musim, lebih tepatnya adalah untuk memudahkan penanam itou sendiri ketika memanennya nanti. Karena, apabila tidak dilakukan pemangkasan ini, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh memiliki potensi untuk tumbuh menjulang keatas sehingga pohonnya menjadi tinggi. Namun, dengan melakukan pemangkasan atau pemotongan ranting yang tajuknya menjulang keatas dapat membuat tanaman tersebut tumbuh rindang dan tajuknya juga bisa teratur rapi. Dengan ukuran tanaman yang tidak terlalu tinggi, penanam tidak akan kesulitan untuk memanen buah kelengkeng/lengkeng itoh yang di tabulampot tersebut. Juga manfaat dari pemangkasan tanaman ini, adalah bahwa panen buah kelengekeng setelah pemberian obat perangsang tersebut juga akan menghasilkan buah yang lebih lebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *