Tips Supaya Kelengkeng Itoh Dataran Rendah Berbuah Lebat

Tips Supaya Kelengkeng Itoh Dataran Rendah Berbuah Lebat

Urbanina.com – Kelengkeng/lengkeng itoh dataran rendah menjadi salah satu jenis kelengkeng/lengkeng yang mulai digemari oleh banyak petani. Kualitas tanaman atau pohon kelengkeng/lengkeng yang unggul menjadikannya primadona dikalangan petani. Salah satu hal yang menjadi perhatian petani adalah kemampuan tanaman kelengkeng/lengkeng dataran rendah tersebut yang dapat berbuah diluar musim. Sehingga, petani tidak akan memiliki ketergantungan terhadap musim ketika membudidayakan tanaman buah dataran rendah yang satu ini. Tetapi, tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tidak akan berbuah diluar musim dengan baik apabila perawatan tanaman  dari petaninya tergolong kurang bagus. Maka dari itu, petani perlu memperhatikan cara mereka merawat tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut sebelum bisa menikmati masa panen diluar musim. Lalu, apa saja tips supaya kelengkeng itoh dataran rendah berbuah lebat? Bekikut ulasannya dari Urbanina.

tips supaya kelengkeng itoh dataran rendah berbuah lebat

Tips supaya kelengkeng itoh dataran rendah berbuah lebat berikut ini hanya dapat diberlakukan khusus untuk tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang ditanam di dataran rendah saja. Terutama sebagai petani kelengkeng/lengkeng dataran rendah, tentu ia menginginkan tanaman kelengkeng/lengkeng yang ia tanam dapat berbuah dengan lebat. Bahkan tidak hanya petani saja, orang yang menanam kelengkeng/lengkeng didepan rumahnya pun tentu ingin menikmati hasil panen tanaman yang berupa buah yang sangat manis ini. Tanpa basa-basi, bekikut ini adalah beberapa tips supaya kelengkeng itoh dataran rendah berbuah lebat.

  1. Menyiram tanaman

Tips supaya kelengkeng itoh dataran rendah berbuah lebat yang pertama adalah dengan menyiram tanaman tersebut. Tanaman kelengkeng/lengkeng itoh yang ditanam ditanah langsung sebernarnya dapat mencari air sendiri apabila akarnya sudah panjang. Namun, untuk mempermudah tanaman tersebut dalam mendapatkan air yang cukup penanam ada baiknya petani menyiram tanaman tersebut dengan air secukupnya terutama di musim kemarau.

  1. Memangkas tanaman

Langkah pemangkasan tanaman kelengkeng/lengkeng menjadi salah satu usaha yang dapat membuat tanaman tersebut dapat berbuah lebat. Pemangkasan dapat dilakukan dengan memotong ranting tanaman yang tajuknya menjulang tinggi. Dengan begitu, tanaman kelengkeng/lengkeng tersebut akan terhindar dari tumbuh menjulang tinggi dan dapat membuat tajuk pohon tumbuh rapi dan rimbun. Proses pemangkasan ini dapat membuat tanaman kelengkeng/lengkeng itoh tersebut dapat berbuah lebih lebat.

  1. Memupuk tanaman

Unsur zat hara yang ada didalam tanah juga diperlukan tanaman kelengekng itoh untuk dapat menunjang pertumbuhannya. Persediaan zat hara yang ada pada tanah tentu dapat berkurang apabila tidak diperbaruhi. Salah satu cara memperbaruhinya adalah dengan memupuk tanaman tersebut. Adapun pupuk yang disarankan untuk tanaman kelengkeng/lengkeng itoh ini adalah pupuk kandang yang dapat berupa sisa kotoran kambing. Apabila ingin menambahkan pupuk kimia, petani dapat menggunakan pupuk NPK yang sesuai dengan kebutuhan tumbuh tanaman kelengkeng/lengkeng itoh dataran rendah ini.

  1. Mengganti media tanam

Upaya untuk membuat tanaman kelengkeng/lengkeng itoh dapat berbuah lebat salah satunya adalah dengan mengganti media tanam. Biasanya, tanaman kelengkeng/lengkeng yang tumbuh di tanah yang terlalu keras akan kurang produktif. Maka dari itu, petani atau penanam dapat mensiasati hal ini dengna mengganti media tanam agar tidak sampai keras. Ketika mengganti media tanam, juga jangan lupa untuk menambahkan pupuk secukupnya agar unsur hara yang ada didalam tanah tetap terjaga.

  1. Mencangkok tanaman

Apabila tanaman kelengkeng/lengkeng yang sudah dapat berbuah setidaknya 3 kali berturut-turut, maka tanaman tersebut dapat dikatakan tanaman yang siap untuk dicangkok. Pencangkokan tersebut tentu dilakukan pada ranting yang sudah cukup panjang dan kuat. Upaya pencangkokan dapat menghasilkan bibit baru yang juga dapat ditumbuhkan agar dapat tumbuh dan dapat berbuah nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *