Tips Memilih Bibit Kelengkeng Super Untuk Dibudidayakan

Tips Memilih Bibit Kelengkeng Super Untuk Dibudidayakan

Urbanina.com – Budidaya kelengkeng/lengkeng menjadi salah satu usaha yang dapat menghasilkan keuntungan finansial yang cukup banyak. Apalagi bila yang dibudidayakan adalah jenis kelengkeng/lengkeng super, yang memiliki beragam keunggulan dibangingkan jenis kelengkeng/lengkeng pada umumnya. Banyaknya permintaan buah kelengkeng/lengkeng yang berkualitas menjadi salah satu faktor yang membuat budidaya kelengkeng/lengkeng ini memiliki prospek yang bagus. Dan untuk mendapatkan buah kelengkeng/lengkeng yang berkualitas tersebut, petani dapat memanennya dari pohon kelengkeng/lengkeng super yang berkulitas. Sedangkan pohon kelengkeng/lengkeng yang berkualitas tersebut tentu berasal dari bibit kelengkeng/lengkeng super yang berkualitas pula. Maka dari itu, pembudidaya kelengkeng/lengkeng setikanya memiliki tips memilih bibit kelengkeng super untuk dibudidayakan, agar dapat menghasilkan panen yang menguntungkan nantinya.

tips memilih bibit kelengkeng super untuk dibudidayakan

Jenis kelengkeng/lengkeng super memang menjadi salah satu jenis bibit yang banyak dicari oleh petani. Untuk mendapatkannya, diperlukan tips-tips tertentu ketika hendak membeli bibit kelengkeng/lengkeng super yang ingin ditanam. Maka dari itu, kali ini Urbanina akan membahas tentang tips memilih bibit kelengkeng super untuk dibudidayakan. Sehingga, pengetahuan tentang tips memilih bibit kelengkeng super untuk dibudidayakan semakin tersebar luas dan semakin banyak orang yang mengetahuinya. Tanpa basa-basi, berikuat ini adalah beberapa tips memilih bibit kelengkeng super untuk dibudidayakan yang perlu dicermati.

  1. Memilih bibit yang seragam

Tips yang pertama untuk memilih bibit kelengkeng/lengkeng super adalah dengan memilih bibit yang seragam. Yang dimaksud seragam adalah bahwa bibit yang dipilih tersebut memiliki umur yang sama, tinggi yang sama serta jenis yang sama. Secara fisik, pembeli dapat mengetaui keseragaman bibit kelengkeng/lengkeng super yang ingin dibeli, tetapi untuk mengetahui umurnya pembeli tidak perlu sungkan untuk menanyakannya kepada penjual. Keseragaman bibit nantinya akan mempermudah petani itu sendiri ketika membudidayakannya. Karena, dengan keseragaman bibit tanaman, perawatan yang diperlukan nantinya juga tidak akan berbeda sehingga memudahkan perani.

  1. Memilih bibit stok baru

Penjual bibit kelengkeng/lengkeng ada yang memiliki banyak stok bibit yang dijual di lapaknya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya pembeli memilih bibit yang termasuk stok baru, agar didapatkan kesehatan bibit kelengkeng/lengkeng yang lebih segar. Oleh sebab itu, penting bagi pembeli untuk memilih sendiri bibit kelengkeng/lengkeng yang hendak ingin dibeli. Biasanya, bibit kelengkeng/lengkeng yang merupakan stok lama akan terdapat lumut atau ganggang yang menempel didinding pot.

  1. Memilih bibit yang tidak asal berukuran besar

Salah satu kelemahan bibit kelengkeng/lengkeng yang besar dengan tangkainya yang tinggi adalah bahwa bibit tersebut tidak memiliki tidak semuanya terkena sinar matahari. Sehingga, meskipun ukuran bibitnya besar, tetapi bibit tersebut akan tampak kurus dan layu karena kurang sehat. Oleh karena itu, jangan tergiur untuk segera membeli bibit kelengkeng/lengkeng yang hanya dikarenakan ukurannya yang besar.

  1. Memilih bibit yang akarnya panjang

Bibit yang baik salah satunya ditandai dengan memiliki akar yang panjang. Karena, dengan memiliki akar yang panjang tersebut akan mempermudah bibit kelengkeng/lengkeng dalam mencari makanan berupa air yang ada didalam tanah.

  1. Memilih bibit yang daunnya segar dan hijau

Judul tips yang kelima yang mungkin lebih tepat adalah memilih bibit yang daunnya berwarna hijau, sehingga tampak segar. Karena, kualitas daun juga menentukan kualitas bibit kelengkeng/lengkeng super yang hendak dibeli. Apabila pada daun tersebut terdapat tanda-tanda seperti warna yang pucat, maka bibit tersebut bukanlah bibit kelengkeng/lengkeng yang super. Maka dari itu, pastikan bahwa bibit tersebut memiliki daun yang berwarna hijau segar sebelum membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *